Volvo Group Sudah Mulai Membangun Pabrik Produksi Sel Baterai Skala Besar di Swedia
Volvo group bangun pabrik skala besar untuk sel baterai (foto: Vovlo Group)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai upaya mendukung ekspansi truk listrik, bus listrik, dan produksi peralatan listrik lainnya, Volvo Group mengumumkan telah mulai bekerja membangun pabrik baterai skala besar di Swedia. 

Selama beberapa tahun terakhir, Volvo Group hadir sebagai pemimpin dalam produksi truk dan bus listrik seperti VNR Electric,  Volvo FL Electric, bus Artikulasi Listrik Volvo 7900, dan bahkan peralatan konstruksi listrik seperti excavator kompak ECR25 Electric. 

"Untuk memenuhi permintaan yang meningkat akan kendaraan dan alat berat listrik baterai, Grup Volvo telah memulai proses untuk mendirikan pabrik produksi skala besar untuk sel baterai di Swedia," tulis perusahaan dalam rilisnya. 

Tidak hanya itu, Martin Lundstedt, Presiden dan CEO Volvo Group mengatakan bahwa dia bertujuan untuk memimpin transisi ke sistem transportasi tanpa karbon dan memiliki ambisi jangka panjang untuk menawarkan solusi yang 100% bebas fosil kepada pelanggannya. 

Lokasi pabrik bergantung pada perizinan dan konsultasi publik, tetapi grup Volvo saat ini sedang mengevaluasi lokasi di Mariestad di wilayah Skaraborg di Swedia.

Grup Volvo juga berencana untuk meningkatkan kapasitas dan mencapai produksi seri skala besar pada tahun 2030 secara bertahap.

Sel baterai akan dirancang khusus untuk aplikasi kendaraan komersial, mendukung peluncuran global truk listrik, bus, peralatan konstruksi, dan driveline listrik untuk berbagai aplikasi.