Ford Luncurkan Truk Pickup Listrik F-150 Lightning Khusus untuk Polisi di AS
Ford buat pickup F-150 Lightning khusus polisi (foto: Ford) 

Bagikan:

JAKARTA - Ford Motor Company kembali melanjutkan tradisi memproduksi kendaraan untuk polisi. Tapi menariknya kali ini, Ford akan membuatnya menggunakan listrik. Inilah kendaraan listrik untuk polisi.

Pada Kamis, 28 Juli kemarin, Ford resmi meluncurkan F-150 Lightning Pro Special Service Vehicle, sebuah truk pickup listrik pertama yang dibuat khusus untuk polisi di AS.

Melansir Electrek, perusahaan mengatakan bahwa pengiriman pertama Lightning sudah  dimulai pada musim semi yang lalu  dan mereka menerima umpan balik yang cukup menjanjikan.

Diketahui, Ford sudah menyediakan kendaraan untuk polisi selama lebih dari 70 tahun. Perusahaan juga mengaku bahwa mereka memiliki 12.000 departemen yang menjadi pelanggannya. 

Menurut Ford, F-150 Lightning khusus untuk polisi ini dapat berakselerasi 0-60 mph dalam waktu kurang dari empat detik (dengan paket baterai yang diperpanjang dan peluncuran satu kaki).

Selain spesifikasi pengejaran, F-150 Pro SSV dirancang untuk menangani banyak situasi yang akan dialami polisi dalam menjalankan tugasnya, seperti membantu pada kecelakaan, sampai menderek perahu atau trailer.

Sedangkan dari sisi teknologi, kendaraan ini menggunakan Intelligent Range, SYNC 4, pembaruan perangkat lunak Ford Power Up over-the-air dan teknologi Ford Co-Pilot 360, termasuk Automatic Emergency Braking dan Blindspot Information System. 

Di bagian dalam mobil, Ford F-150 Lightning Police dilengkapi dengan layar cluster digital 12 inci dan layar sentuh bergaya lanskap 12 inci. 

Lalu, untuk membuat petugas lebih mudah masuk ke mobil, Ford mengurangi ketebalan bantalan kursi di kendaraan listrik ini. Yang paling penting adalah, Ford F-150 Lightning memiliki suar peringatan LED merah/biru, kuning/putih yang dipasang di atap.