PowerCo dan Umicore Dirikan Usaha Patungan Untuk Produksi Bahan Baterai EV di Eropa
VW dan Umicore umumkan pendirian usaha patungan untuk produksi baterai EV di Eropa (foto: VW)

Bagikan:

JAKARTA - PowerCo, perusahaan baterai baru milik Volkswagen Group dan Umicore, grup teknologi material sirkular Belgia mengumumkan pendirian usaha patungan untuk produksi bahan prekursor dan katoda di Eropa. 

Mulai tahun 2025 dan seterusnya, usaha patungan ini akan memasok bahan-bahan utama ke pabrik-pabrik sel baterai Eropa PowerCo. 

Kemudian pada akhir dekade ini, para mitra bertujuan untuk memproduksi bahan katoda dan prekursor mereka untuk kapasitas sel 160 GWh per tahun, yang sebanding dengan kapasitas produksi tahunan yang mampu memberi daya sekitar 2,2 juta kendaraan listrik penuh. 

"Bahan katoda adalah sumber daya strategis yang sangat diperlukan untuk produksi baterai, terhitung sekitar lima puluh persen dari nilai sel keseluruhan," kata Thomas Schmall, Anggota Dewan Grup untuk Teknologi di Volkswagen AG dan Ketua Dewan Pengawas PowerCo SE dalam siaran persnya. 

Menurutnya, akses langsung dan jangka panjang ke kapasitas yang luas merupakan keunggulan kompetitif yang sangat jelas. 

Bahan aktif katoda sangat penting untuk transisi powertrain yang sukses menuju e-mobilitas karena mereka adalah tuas teknologi utama untuk kinerja baterai, serta kontributor tunggal terbesar untuk biaya baterai secara keseluruhan.

Berdasarkan ketentuan tambahan, Umicore dan PowerCo akan berkolaborasi dalam pengadaan bahan baku yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, area di mana Umicore adalah pemimpin industri. 

Lebih lanjut, Umicore juga akan menyediakan layanan pemurnian untuk PowerCo. Selanjutnya, berdasarkan teknologi dan pengetahuan Umicore, kedua mitra bertujuan untuk memasukkan elemen pemurnian dan daur ulang baterai ke dalam lingkup JV.

"Kemitraan ini merupakan tanda pengakuan yang kuat atas keahlian produk dan proses kami dan bukti keberhasilan strategi kami untuk membangun rantai nilai bahan baterai loop tertutup skala industri yang berkelanjutan di wilayah utama," tutur CEO Umicore Mathias Miedreich. 

Produksi di JV dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2025 untuk memasok pabrik Salzgitter PowerCo, mencapai kapasitas tahunan sebesar 40 GWh pada tahun 2026.

Kedua mitra menargetkan untuk meningkatkan kapasitas produksi tahunan JV menjadi 160 GWh pada akhir dekade ini, berdasarkan pasar dan perkembangan permintaan.

Beberapa waktu lalu Umicore telah meresmikan fasilitas produksi netral karbon untuk bahan aktif katoda untuk kendaraan listrik di Nysa, Polandia.