Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, Umicore, perusahaan pertambangan asal Belgia telah meresmikan fasilitas produksi netral karbon untuk bahan aktif katoda untuk kendaraan listrik di Nysa, Polandia. 

Peresmian ini menjadikan Umicore sebagai perusahaan pertama di Eropa dengan rantai nilai bahan baterai sirkular dan berkelanjutan yang lengkap. 

Gigafactory akan memasok bahan baterai ke mobil dan pelanggan sel baterai Umicore di Eropa dan menandai langkah penting dalam mencapai ambisi Uni Eropa untuk memiliki ekosistem baterai sendiri yang berkelanjutan dan kompetitif dalam skala global. 

"Kami sangat bangga membuka gigafactory pertama di Eropa untuk bahan aktif katoda," kata Mathias Miedreich , CEO Umicore dalam pengumuman resminya. 

Menurut Miedreich, fasilitas netral karbon Umicore di Nysa ini merupakan pendorong dan akselerator sejati transformasi e-mobilitas di seluruh Uni Eropa. 

“Dengan gigafactory ini, Umicore memimpin dalam bahan baterai di Eropa yang menawarkan bahan utama untuk rantai nilai yang bertanggung jawab dan berkelanjutan untuk transportasi listrik," ujarnya lebih lanjut. 

Fasilitas di Nysa dilengkapi dengan produk dan teknologi proses yang canggih yang dilengkapi dengan pemurnian logam dan prekursor katoda Umicore di Finlandia serta R&D kelas dunia dan kegiatan daur ulang baterai perintis mereka di Belgia.

"Semua elemen ini bersama-sama, menggarisbawahi bagaimana kami adalah mitra transformasi yang andal bagi pelanggan kami, mendukung mereka secara lokal di jalur akselerasi mereka menuju mobilitas listrik yang berkelanjutan, ” tuturnya.

Kapasitas produksi tahunan Nysa akan mencapai 20 GWh pada akhir 2023 dan 40 GWh pada tahun 2024, dengan potensi meningkat menjadi lebih dari 200 GWh, atau 3 juta kendaraan listrik, pada paruh kedua dekade ini. 

Pertumbuhan ini merupakan bagian dari ambisi Umicore untuk mencapai kapasitas di seluruh dunia lebih dari 400 GWh pada tahun 2030, dan strategi untuk membangun rantai bahan baterai regional yang terintegrasi penuh di tiga benua. 

"Untuk tujuan ini, Umicore berencana untuk membangun fasilitas bahan aktif prekursor dan katoda di Kanada dan memperluas kapasitas yang ada di Asia," ujar si CEO jika berbicara tentang ambisinya. 

Pembangunan pabrik sudah dimulai sejak 2019 silam, dan produksi juga sudah dimulai pada Juli tahun ini. 

Saat ini, Umicore di Nysa mempekerjakan sekitar 240 orang. Seiring dengan perluasan kapasitas pabrik di masa depan, jumlah karyawan diharapkan meningkat menjadi 400 pada akhir 2023.