FF 91 dari Faraday Future Raih Peringkat EPA Sebagai Mobil Irit, Bisa Meluncur dengan Jangkauan 613 Km
FF 91 dari Faday Future. (foto: twitter @Faradaytuture)

Bagikan:

JAKARTA – Kendaraan listrik FF 91 Luxury EV produksi Faraday Future hingga kini memang belum memiliki kepastian kapan akan mulai diproduksi. Namun model tersebut kini sudah memiliki izin dari EPA.

Startup yang berbasis di California ini juga telah mengumumkan bahwa kendaraan pertamanya secara resmi sudah disertifikasi oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) sebagai mobil ramah lingkungan yang memiliki peringkat jarak jangkauan 381 mil (613 kilometer). Dalam siaran persnya, startup EV ini mengatakan peringkat rentang ini didasarkan pada model FF 91 yang lengkap dengan roda 22-inci.

Faraday Future mengklaim peringkat tersebut merupakan peningkatan yang signifikan dari perkiraan perusahaan sebelumnya sebesar 300+ mil dan menjadikan FF 91 "pemimpin dalam jarak jauh di pasar kendaraan listrik mewah." Perusahaan ini tampaknya dengan mudah melupakan Range Lucid Air Dream Edition, sebuah mobil mewah listrik yang memiliki EPA sejauh 520 mil.

"Konfirmasi dari 381 mil jangkauan kami oleh EPA adalah berita yang benar-benar menarik bagi FF dan memvalidasi apa yang kami ketahui tentang FF 91. Segmen terkemuka FF 91 akan menjadi EV kelas atas pertama yang memiliki kinerja tinggi, mewah, dan cerdas serta canggih yang akan mengatur ulang harapan pelanggan untuk pengalaman pengemudi dan penumpang," kata Carsten Breitfeld, CEO Global Faraday Future, dalam posting blog.

Honcho kepala perusahaan menambahkan bahwa sertifikasi EPA adalah "langkah besar mobil ini di tangan pengguna kami."

Menurut situs web perusahaan, Faraday Future FF 91 menawarkan 1.050 tenaga kuda (783 kilowatt) dari tiga motor listrik yang membantu mempercepat mobil dari nol ke 60 mph (96 km/jam) hanya dalam 2,39 detik. Kapasitas baterai adalah 130 kWh yang dikenal irit.

Dirancang di Los Angeles dan direkayasa di Los Angeles dan Cina, FF 91 saat ini dalam masa pra-produksi untuk tujuan pengujian dan validasi di FF ieFactory California di Hanford. Awal bulan ini, Faraday Future mengatakan pihaknya berencana untuk memulai produksi seri tersebut dan pengiriman ke pelanggan dilakukan sebelum akhir tahun.

Peminat harus tetap skeptis dengan pernyataan itu mengingat FF 91 telah ditunda berkali -kali sejak 2017 ketika pertama kali diluncurkan. Selain itu, situasi keuangan perusahaan sangat berbahaya. Pada tanggal 26 Agustus, Faraday Future mengumumkan bahwa saldo kasnya turun menjadi hanya 47,2 juta dolar AS, turun pada 276 juta dolar AS yang dilaporkan pada akhir Q1.

Namun saat mereka mencoba untuk membuka investasi, startup ini justru diterpa isu tak sedap lantaran adanya isu ancaman pembunuhan  terhadap eksekutif mereka. Isu tersebut telah membuat rencana investasi terhambat dan keuangan perusahaan kini tak menentu.

Startup saat ini sudah membuka preorder untuk model mid-range FF 91 Futurist, dan meminta down payment (DP) sebesar 1.500 dolar AS bagi siapa pun yang berminat.