Bagikan:

JAKARTA - BMW membatalkan pesanan sel baterai dengan produsen asal Swedia, Northvolt, yang ditujukan untuk model i4, i7, dan iX.

Mengutip laman ArenaEV, Senin, 24 Juni, BMW dan Northvolt sebelumnya menandatangani perjanjian jangka panjang pada tahun 2020 untuk sel baterai generasi kelima BMW. Sel baterai tersebut diproduksi di Swedia menggunakan 100 persen energi terbarukan dan dijadwalkan mulai produksi tahun ini. Namun, karena penundaan produksi, BMW memutuskan untuk beralih ke pemasok lain.

Sumber internal melaporkan bahwa Northvolt kesulitan meningkatkan produksi, mengalami keterlambatan dua tahun dari jadwal, dan menghadapi masalah dengan tingkat hasil yang rendah.

Pabrik Northvolt di Swedia saat ini berjuang memenuhi permintaan mitra, termasuk BMW, yang juga direncanakan untuk model Neue Klasse X di masa mendatang. Sementara itu, BMW akan mengandalkan Samsung SDI dari Korea Selatan untuk mengatasi kesenjangan pasokan.

Kabar ini juga berdampak buruk bagi Porsche, yang masih mengandalkan Northvolt untuk model 718 listrik. Penundaan produksi ini mengindikasikan peluncuran 718 akan mengalami kemunduran.