Jelang Piala Dunia 2022, Harga Fan Token Sepak Bola Nasional Meroket
Harga Fan Token timnas alami kenaikan menjelang digelarnya piala dunia 2022. (Foto; Dok. Middle East Eye)

Bagikan:

JAKARTA – Hajatan terbesar piala dunia 2022 Qatar yang akan digelar pada 20 November mendatang telah memicu peningkatan transaksi fan token tim nasional di beberapa negara. Selain itu, FIFA juga telah mendapuk Crypto.com sebagai sponsor resminya. Tidak hanya itu, Algorand (ALGO) juga terpilih sebagai mitra blockchain untuk World Cup 2022 di Qatar.

Menurut laporan Coinspeaker, data dari platform agregasi harga pasar kripto, Fan Token Tim Sepak Bola Nasional Brasil (BFT) saat ini mulai mengalami peningkatan sebesar  1,9 persen dalam 24 jam terakhir dan telah mencatat pertumbuhan 11,7 persen dalam periode 7 hari terakhir. Saat ini Fan Token BFT diperdagangkan di harga 1,01 dolar AS per token.

Tidak hanya fan token timnas Brasil, fan token milik timnas Argentina, Argentine Football Association Fan Token (ARG) juga merupakan salah satu fan token negara yang berkinerja terbaik yang harganya diperdagangkan di level 5,19 dolar pada saat penulisan. Fan Token ARG naik 11,9 persen selama 24 jam terakhir dan telah mengalmai pertumbuhan 10,9 persen dalam satu pekan terakhir.

Sementara itu, Fan Token Tim Nasional Portugal (POR), Fan Token Tim Sepak Bola Nasional Spanyol (SNFT), dan Fan Token Tim Sepak Bola Nasional Peru (FPFT) semuanya juga cenderung dalam kisaran positif. Masing-masing naik sebesar 4,5 persen, 15,8 persen, dan 25 persen selama 7 hari terakhir.

Fan Token saat ini mewakili jalan baru di mana pemegang dapat berinteraksi dengan tim mereka dengan cara yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya. Meskipun token tidak mewakili kepemilikan ekuitas tim yang bersangkutan, pemegangnya mendapatkan akses eksklusif ke acara, meet and greet, dan inisiatif lain yang mendorong ikatan penggemar dengan timnas.

Banyak orang bahkan telah mempresentasikan munculnya fan token sebagai alternatif untuk taruhan online sebagai cara untuk mengukur minat dan sentimen di sekitar tim yang akan berpartisipasi di Piala Dunia. Misalnya, Tim Nasional yang peluangnya untuk memenangkan piala tinggi per penampilan mereka dalam kompetisi dapat melihat fan token mereka naik relatif lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain.

Masuknya cryptocurrency termasuk Fan Token timnas ke dunia sepak bola turut memperkuat ikatan penggemar dalam memberikan dukungan terhadap partisipasi tim nasional di World Cup 2022 yang akan diselenggarakan di Qatar pada bulan November mendatang.