Socios Suntikkan Dana 100 Juta Dolar untuk Kembangkan Metaverse FC Barcelona
Socios suntikkan dana untuk Barcelona. (Socios)

Bagikan:

JAKARTA – Pengembang fan token terbesar, Socios, dilaporkan akan berinvestasi dalam pengembangan metaverse klub sepak bola papan atas Spanyol, FC Barcelona. Ini merupakan bagian dari upaya klub untuk mendiversifikasi dana mereka pasca kebangkitan Barcelona setelah krisis keuangan yang menimpa klub pada tahun lalu.

Upaya tersebut telah menarik perhatian sejumlah perusahaan venture capital (VC). Socios.com, perusahaan yang merancang keterlibatan penggemar dengan klub olahraga melalui fan token dan NFT, mengumumkan akan menginvestasikan 100 juta dolar AS (sekitar Rp1,4 triliun) ke divisi metaverse, NFT, dan Web3 dari klub sepak bola FC Barcelona, ​​​​yang disebut Barca Studios.

Menurut pengumuman klub, keputusan tersebut merupakan bagian dari upaya “mempercepat strategi audiovisual, blockchain, NFT, dan Web3 klub.” Masuknya modal ini akan memungkinkan perusahaan untuk fokus pada pengembangan produk baru yang mencakup teknologi baru ini untuk membangun sumber pendapatan jangka panjang yang baru.

Sementara Socios menyatakan bahwa saat ini Barca Studios akan memiliki akses ke Chiliz Chain, sebuah blockchain baru yang akan memungkinkan pengembang untuk mengeluarkan NFT dan token penggemar atau fan token, dan membangun produk keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan game play-to-earn (P2E).

“Barca Studios sekarang dapat memanfaatkan teknologi, keahlian, dan skala global kami untuk membantu meluncurkan strategi konten Web3 Klub dan memberikan aliran pendapatan jangka panjang baru yang akan menguntungkan klub untuk musim-musim mendatang,” ujar Alexandre Dreyfus, CEO Socios.

Presiden FC Barcelona, Joan Laporta sempata menyatakan bahwa fokus ke ranah digital merupakan bagian yang sangan signifikan dalam strategi pertumbuhan perusahaan dengan menciptakan peluang baru.

“Kami ingin menciptakan peluang baru untuk berkembang. Tujuan kami adalah memenangkan gelar dan membuat penggemar kami senang, tetapi kami juga harus mendapat untung dari peluang di industri olahraga. Ini adalah masalah bertahan hidup,” kata Laporta, dikutip  dari Bitcoin.com News.

Pengumuman tersebut langsung direspon oleh fan token FC Barcelona (BAR) yang meroket hampir 50% dari harga 5 dolar AS terbang ke level 7,20 dolar AS per token pada 3 Agustus kemarin. Namun, saat penulisan, harga token BAR mengalami penurunan 0,5% dalam 24 jam terakhir, berdasarkan data dari Coingecko.