Pengalaman Roblox Paris Hilton Telah Menghasilkan Iklan Rp942,1 Miliar
Paris Hilton dalam metaverse. (foto: x @BitovationX ยท)

Bagikan:

JAKARTA - Paris Hilton, yang dijuluki sebagai Ratu Metaverse, telah berhasil menjual hampir setengah juta emote di Roblox berkat kampanye viral di TikTok.

Pengalaman Roblox terbaru dari maestro media Paris Hilton, "Slivingland", telah dikunjungi oleh lebih dari 3,2 juta pengguna selama periode peluncurannya antara Agustus 2023 dan Februari 2024.

Menurut laporan yang ditulis bersama oleh 11:11 Media milik Hilton dan lembaga penelitian metaverse Geeiq, tingkat eksposur ini setara dengan kampanye iklan tradisional senilai 60 juta dolar AS (Rp942,1 miliar).

Laporan setebal 42 halaman tersebut membahas tentang keadaan periklanan metaverse melalui lensa Roblox, platform permainan metaverse yang memiliki lebih dari 71 juta pengguna harian pada Q4 2023. Roblox melaporkan pendapatan tahunan sebesar 2,7 miliar dolar AS untuk tahun 2023, naik 26% dari tahun ke tahun.

Kontribusi Terhadap Pendapatan Iklan Roblox

Secara keseluruhan, nilai setara iklan Slivingland menyumbang sekitar 2,6% dari total nilai setara media yang diperoleh Roblox pada tahun 2023. Laporan tersebut menyebut bahwa sinergi dari kampanye viral TikTok turut mendorong penjualan emote.

“Slivingland dirancang sebagai pusat hiburan yang tak lekang waktu bagi para penggemar Paris di seluruh dunia. Tentu saja, fashion adalah fitur utama dari pengalaman ini. Kustomisasi avatar dan ekspresi diri adalah kunci keberhasilan brand Roblox dan ini juga penting bagi komunitas Paris,” tulis laporan itu.

Pengalaman Roblox Slivingland milik Hilton dilaporkan telah menjual "hampir setengah juta" emote di platform tersebut selama periode dua bulan di akhir tahun 2023. Setiap emote berharga 100 Robux (mata uang asli platform). Bergantung pada bagaimana Robux pemain dibeli - dengan langganan yang tersedia untuk mengimbangi sebagian dari biaya awal - 100 Robux bernilai sekitar 1,25 dolar AS. Tidak jelas berapa persentase bagi hasil yang diterima Hilton dari Roblox.

Ini bukan usaha pertama Hilton di Roblox. Pada Oktober 2021, dia meluncurkan "Paris World" di Roblox. Dalam wawancara selanjutnya dengan CNN, dia menyebut dirinya sebagai "Ratu Metaverse" dan mengatakan bahwa dia selalu menjadi "nerd yang tersembunyi."

Baru-baru ini, 11:11 Media milik Hilton dan Andreessen Horowitz termasuk di antara para investor di balik penggalangan dana 54 juta dolar AS (Rp847,9 miliar) untuk jaringan kepemilikan kekayaan intelektual berbasis blockchain, Story Protocol, pada September 2023.

Dia juga meluncurkan metaverse bertema romansa di The Sandbox tepat pada waktu Valentine's Day 2023. Diberi nama "Parisland", pengalaman ini digambarkan sebagai "pengalaman kencan Virtual Reality (VR) yang digabungkan dengan reality dating show."