Paris Hilton Ciptakan Metaverse <i>Paris World</i>, Seperti Apasih Kenikmatannya?
Pasangan selebritas, Paris Hilton dan Carter Reum. (foto: instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Paris Hilton bisa menghasilkan uang sebanyak 1 juta dolar AS semalam dengan bekerja sebagai DJ, yang menghibur pesta di klub di Cina, Dubai dan di pulau liburan Spanyol, Ibiza.

Malam Tahun Baru ini, dia akan memainkan perangkat elektronik untuk menghibur orang-orang yang berpesta yang mampir ke tempat yang berbeda melalui pulau virtualnya di Roblox.

Paris Hilton kini menciptakan sebuah pulau di dunia maya online yang dijuluki Paris World. Di pulau ini pengunjung dapat menjelajahi replika digital dari perkebunan Beverly Hills dan rumah anjing miliknya.

Pengunjung bisa berjalan-jalan di trotoar yang terinspirasi oleh perayaan pernikahan dengan tema karnaval neon yang ia ciptakan bersama suaminya, Carter Reum. Pesta itu semacam itu pernah digelar awal tahun ini di Dermaga Santa Monica, California.

Bahkan pengunjung di Paris World bisa menjelajahi pulau dengan mobil sport mewah atau di atas kapal pesiar Sunray.

Seperti tempat nongkrong virtual lainnya, Paris World akan memungut uang pembayaran untuk membeli pakaian virtual atau memesan perjalanan dengan jet-ski. Semua itu bisa terjadi di dunia metaverse yang ia bangun.

“Bagi saya, metaverse adalah tempat di mana Anda dapat melakukan semua yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan nyata di dunia digital,” kata Hilton, yang bekerja untuk menciptakan aspek-aspek kehidupannya yang menjelajahi dunia untuk para penggemar.

“Tidak semua orang bisa mengalaminya, jadi itulah yang telah kami kerjakan bersama selama setahun terakhir, yakni memberi mereka semua inspirasi saya tentang apa yang saya inginkan di dunia itu,” ungkapnya seperti dikutip Reuters.

Hilton, yang kini berusia 40, bergabung dengan selebritas dan merek terkenal lainnya yang bergegas untuk merangkul metaverse, istilah luas yang mengacu pada dunia virtual. Mark Zuckerberg dari Facebook mempopulerkan istilah tahun ini. Ia bahkan mengganti nama perusahaan menjadi Meta Platform Inc., untuk menekankan peran sentral metaverse untuk masa depan perusahaannya.

Merek seperti merek Tommy Hilfiger sudah meluncurkan lini busana siap pakai digital untuk avatar Roblox. Nike membuka dunia virtual yang disebut Nikeland pada bulan November lalu, di mana pengunjung dapat bermain dodgeball dengan teman-teman, serta mengenakan sepasang sepatu kets Air Force 1 virtual, dan memenangkan medali. Rapper Lil Nas X dan Travis Scott juga mengadakan konser virtual tahun lalu untuk jutaan penonton.

Untuk sosialita dan bintang reality TV yang kini menjadi pengusaha, Paris World adalah usaha terbaru yang diluncurkan oleh perusahaan media barunya, 11:11 Media. Dia dan eksekutif media veteran Bruce Gersh bertujuan untuk memanfaatkan ekonomi baru yang sedang berkembang, di mana selebriti seperti LeBron James dari Los Angeles Lakers memanfaatkan pengaruh mereka untuk memproduksi film, acara televisi dan podcast, pemasaran merek dan untuk menjual barang dagangan.

Hilton yang terkenal karena acara televisi realitas "The Simple Life," di mana dia dan sosialita selebritas, Nicole Richie, membuang limusin mereka untuk melakukan perjalanan ke Amerika dengan bus Greyhound.

Hilton mengatakan tindakan dua cewek pirang bodoh itu adalah lelucon. “Saya selalu terlibat dalam lelucon, tetapi saya tahu persis apa yang saya lakukan. Di balik layar, saya sedang membangun sebuah merek,” ucapnya.

Dia telah meningkatkan ketenaran halaman gosipnya menjadi 19 lini produk konsumen yang berbeda, termasuk parfum, pakaian, pakaian dalam, kosmetik, jam tangan, kacamata hitam, sepatu, tas tangan dan perhiasan, yang semuanya menghasilkan pendapatan sekitar  4 miliar dolar AS selama satu dekade terakhir.

Suaminya yakni seorang  bankir investasi, Reum, memperkenalkan Hilton kepada Gersh, mantan eksekutif Walt Disney Co dan Time Inc, untuk menciptakan perusahaan media yang menjadi salah satu influencer asli budaya pop.

Sejak diskusi awal itu, 11:11 Media telah meluncurkan “This Is Paris,” podcast di mana dia berbicara terus terang tentang keluarga dan teman-temannya. Ada pula sepasang serial TV realitas, “Cooking With Paris” di Netflix dan “Paris In Love ,” tentang pertunangan dan pernikahannya dengan Reum.

Paris Hilton juga memanfaatkan ketertarikan pubik pada token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT), berkolaborasi dengan desainer Blake Kathryn untuk menjual tiga karya seni digital unik. Salah satunya bahkan terjual lebih dari 1,1 juta dolar ASS, menurut platform lelang online Nifty Gateway.

“Bagian terakhir dari ruang digital adalah metaverse,” kata Gersh. “Kami berpikir bahwa ada peluang nyata bagi Paris untuk mempengaruhi, bahkan pada tingkat yang lebih muda dari pelanggan intinya. Kami telah membangun dunia yang fantastis dan aneh, yang kami yakini akan disukai oleh penggemar dan penggemar barunya.”