Mulai Oktober, Dewan Pengawas Meta Bisa Putuskan Konten yang Mengganggu dan Sensitif
Dewan pengawas Meta miliki otoritas untuk putuskan konten mengganggu dan sensitif (foto: ary julianto/voi)

Bagikan:

JAKARTA - Dewan pengawas independen Meta Platform Inc mengatakan pada Kamis, 20 Oktober bahwa mulai bulan Oktober ini dapat memutuskan untuk menerapkan layar peringatan, yang menandai konten sebagai "mengganggu" atau "sensitif".

Dewan, yang sudah memiliki kemampuan untuk meninjau banding pengguna untuk menghapus konten, mengatakan akan dapat membuat keputusan yang mengikat untuk menerapkan layar peringatan ketika "meninggalkan atau memulihkan konten yang memenuhi syarat", termasuk ke foto dan video.

Secara terpisah dalam laporan transparansi triwulanannya, dewan mengatakan menerima 347.000 banding dari pengguna Facebook dan Instagram di seluruh dunia selama kuartal kedua yang berakhir 30 Juni.

"Sejak kami mulai menerima banding dua tahun lalu, kami telah menerima hampir dua juta banding dari pengguna di seluruh dunia," kata laporan dewan tersebut, seperti dikutip Reuters. "Ini menunjukkan permintaan berkelanjutan dari pengguna untuk mengajukan banding atas keputusan moderasi konten Meta ke badan independen."

Dewan pengawas, yang mencakup akademisi, pakar hak dan pengacara, dibuat oleh perusahaan untuk memutuskan sebagian kecil dari banding moderasi konten yang sulit, tetapi juga dapat memberi nasihat tentang kebijakan situs.

Bulan lalu, mereka keberatan dengan penghapusan Facebook atas laporan surat kabar tentang Taliban yang dianggap positif, yang mendukung kebebasan berekspresi pengguna dan mengatakan perusahaan teknologi terlalu bergantung pada moderasi otomatis yang diterapkan.