Bagikan:

JAKARTA – Jaringan Polygon (MATIC) mendapat peningkatan dalam pengembangan aplikasi terdesentralisasi (dApps) sekitar 53.000, sebagaimana dilaporkan platform pengembangan Web3.0 Alchemy. Sementara itu, pihak Polygon sendiri telah menerbitkan statistik peningkatan tersebut sebesar 60 persen.

Terlebih lagi, data tersebut mengungkapkan lonjakan delapan kali lipat dalam jumlah dApp di Polygon sejak awal tahun, meskipun angka tersebut mencakup keseluruhan jumlah dApp yang diluncurkan di testnet dan mainnet Polygon.

Sementara dalam hal aplikasi langsung, aktivitas di Polygon telah mencatat lonjakan 29 persen sejak kuartal terakhir, mencapai 17.800, mewakili peningkatan empat kali lipat dibandingkan dengan awal tahun ini.

Platform penskalaan Ethereum selanjutnya mengungkapkan peningkatan jumlah tim aktif bulanannya. Menurut Alchemy, aktivitas pengembang pada jaringan Polygon PoS melonjak sekitar 27 persen pada 13.700. Data menunjukkan bahwa 66 persen proyek secara langsung membangun Polygon, sementara yang lain sedang dikembangkan untuk Ethereum.

Polygon PoS adalah rumah bagi beberapa proyek Web 3.0 terpenting di sektor ini, termasuk Aave, Uniswap V3, OpenSea, dan Lazy.com Mark Cuban. Selain itu, perusahaan-perusahaan seperti Adobe, eBay, Nothing, Reddit, Robinhood, dan Stripe menggunakan Polygon sebagai gerbang default mereka untuk masuk ke Web 3.0.

Perkembangan positif ini sebagian besar disebabkan oleh upaya yang dilakukan oleh tim pengembangan Polygon dalam beberapa bulan terakhir untuk memajukan ekosistem jaringan. Baru-baru ini, tim meluncurkan testnet publik dari solusi penskalaan Ethereum-nya, yang dikenal sebagai Polygon Zero Knowledge Ethereum Virtual Machine (zkEVM), minggu lalu.

Sementara itu, DailyCoin melaporkan bahwa Polygon juga menawarkan produk di luar PoS, termasuk Supernet, yang berfungsi sebagai platform jalur cepat untuk membangun jaringan khusus aplikasi, dan Polygon Avail, yang berfungsi sebagai lapisan ketersediaan data yang dapat diskalakan. Pada waktu pers, platform penskalaan menawarkan lebih dari 179,2 juta alamat pengguna unik, dan telah memproses lebih dari 2,1 miliar transaksi.

Sebagai informasi, Polygon yang sebelumnya bernama MATIC Network, adalah solusi skalabilitas lintas jaringan yang menyuguhkan infrastruktur untuk menyediakan jaringan blockchain yang bisa saling terhubung, menurut keterangan Blockchain Council. Selain itu, Polygon juga dikenal sebagai layer-1 Ethereum.

Didirikan pertama kali pada Oktober 2017 oleh Jaynti Kanani, Sandeep Nailwal dan Anurag Arjun. Dua nama terakhir merupakan orang yang berpengalaman sebagai pengembang blockchain dan konsultan bisnis.