Polygon MATIC Luncurkan Proyek Pengembangan zkEVM
Polygon MATIC luncurkan zkEVM. (Foto; Dok. Coingape)

Bagikan:

JAKARTA – Platform skalabilitas blockchain, Polygon MATIC, bakal digunakanoleh sejumlah perusahaan raksasa meliputi Meta, Reddit dan Stripe. Hal tersebut disampaikan Polygon pada 10 Okktober 2022 kemarin. Polygon (MATIC) merilis Zero Knowledge Ethereum Virtual (zkEVM) sebagai solusi penskalaan yang setara dengan Ethereum.

Sebelumnya, Polygon sudah mengumumkan pengembangan zkEVM di konferensi komunitas Ethereum EthCC pada 20 Juli. Siaran pers Polygon menggambarkan zkEVM sebagai “solusi penskalaan setara Ethereum pertama yang bekerja secara mulus dengan semua smart contract, alat pengembang, dan dompet yang ada.”

zkEVM diklaim setara dengan platform Ethereum Virtual Machine (EVM) sebagai perangkat lunak khusus developer untuk mengembangkan aplikasi terdesentralisasi (dApps). Rilis baru ini menjanjikan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan mengurangi gesekan antar para pengembang, sedangkan kompatibilitas EVM sering kali memerlukan modifikasi kode atau implementasi ulang.

“Cawan suci infrastruktur Web3 harus memiliki tiga sifat utama: skalabilitas, keamanan, dan kompatibilitas Ethereum,” kata Mihailo Bjelic, salah satu pendiri Polygon, dikutip dari DailyCoin.

“Hingga saat ini, secara praktis belum mungkin untuk menawarkan semua properti ini sekaligus. Polygon zkEVM adalah teknologi terobosan yang akhirnya mencapai itu, sehingga membuka babak baru adopsi massal,” tambahnya.

Keunggulan zkEVM Polygon

Di sisi lain Ethereum 2.0 digadang-gadang menjadi solusi penskalaan terbesar dalam waktu dekat. Kendati begitu, para pengguna Ethereum menginginkan transaksi dalam jaringan dapat terselesaikan dengan cepat. Oleh karena itu, pengembang membuat kerangka kerja layer-2 blockchain yang dibangun di atas blockchain yang sudah ada.

Solusi penskalaan seperti zero-knowledge roll-up adalah salah satu pengembangan tersebut. ZK-rollup memungkinkan pengembang untuk menggabungkan ratusan, atau bahkan ribuan transfer token dalam satu transaksi, yang kemudian dicatat pada blockchain publik Ethereum.

Teknologi ini memungkinkan pengguna Ethereum untuk bertransaksi dengan cepat dan ekonomis tanpa mengorbankan keamanan jaringan. Selain itu, Zero-Knowledge Proofs (ZKPs), teknik bukti kriptografi, dapat langsung memverifikasi validitas transaksi, sebagaimana dilansir dari DailyCoin.

Polygon merupakan jaringan layer-2 dalam blockchain Ethereum. Meski demikian, peluncuran zkEVM Polygon diharapkan dapat mengungguli blockchian layer-1 Ethereum. Pasalnya zkEVM dapat mengurangi biaya jaringan Ethereum sekitar 90 persen.