Polygon MATIC Bakal Bikin Transaksi Lebih Cepat dengan Biaya Transaksi Rendah
Kripto Polygon MATIC. (Foto; Dok. Binance)

Bagikan:

JAKARTA - Polygon (MATIC), sebuah proyek penskalaan Ethereum terkemuka, akan merilis solusi penskalaan Layer-2 baru, zkEVM, pada tanggal 27 Maret. zkEVM adalah zero-knowledge atau ZK-Rollup yang melakukan perhitungan off-chain pada lapisan sekunder.

Penggunaannya memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan lebih murah dengan tetap menjaga keamanan. Salah satu keuntungan dari zkEVM adalah fakta bahwa pengguna dapat mengantisipasi jaringan untuk mendukung kode yang sama dengan Ethereum.

Hal ini memungkinkan pengembang untuk mengimpor aplikasi dari Ethereum dan menggunakannya di jaringan zkEVM Polygon tanpa perlu melakukan penyesuaian besar. Rollup ZK menggunakan "bukti" untuk menunjukkan bahwa sebuah transaksi tidak dipalsukan hanya dengan merilis sepotong informasi tentang transaksi tersebut.

Pada bulan Oktober, Polygon meluncurkan testnet zkEVM yang menggunakan EVM untuk rollup ZK. Testnet ini memungkinkan pengembang Ethereum untuk mentransfer kontrak pintar mereka dari blockchain utama ke rollup ZK tanpa harus menulis ulang dalam bahasa pemrograman yang berbeda.

Menurut data resmi, lebih dari 75.000 bukti ZK telah dihasilkan sejak testnet live diluncurkan, dan sekitar 5.000 kontrak pintar telah dioperasikan. Peluncuran zkEVM di fase mainnet diharapkan akan memudahkan pengembang dalam membangun dan mengintegrasikan aplikasi di jaringan Polygon.

Dengan demikian, diharapkan zkEVM akan semakin memperkuat posisi Polygon sebagai proyek penskalaan yang inovatif dan dapat diandalkan di jaringan Ethereum. Polygon Labs akan memberikan informasi lebih lanjut tentang Mainnet Beta dalam beberapa minggu ke depan.

Proyek penskalaan terkemuka Ethereum ini mengutamakan keamanan dan telah menjalani serangkaian audit ketat sebelum peluncuran. Pengguna dan pengembang dapat mengharapkan transparansi penuh tentang langkah-langkah keamanan yang akan diterapkan selama fase Mainnet Beta.

Harga MATIC saat ini diperdagangkan pada Rp8.860 dengan peningkatan 5,1 persen selama 24 jam terakhir menurut data Coingecko. Sementara itu, data Coingape memprediksi kenaikan ini diperkirakan akan berlanjut menjelang peluncuran.