Simak Lima Kemungkinan yang Menyebabkan Akun Anda Dinonaktifkan Tiba-tiba
Alasan mengapa akun Facebook dinonaktifkan secara tiba-tiba (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Meta memberikan Anda kebebasan untuk memilih untuk menonaktifkan dan mengaktifkan kembali akun Facebook Anda kapanpun Anda mau. 

Namun, pernahkah akun Anda dinonaktifkan dengan sendirinya ketika Anda merasa tidak pernah melakukannya? Jika pernah, mungkin ada kebijakan Facebook yang dilanggar. 

Untuk mengetahui alasan mengapa Meta menonaktifkan akun Anda, simak beberapa kemungkinan yang akan VOI sebutkan di bawah ini:

Meniru Profil Orang Lain

Alasan pertama yang menyebabkan akun Facebook Anda dinonaktifkan adalah karena Anda berpura-pura menjadi orang lain, dengan memalsukan indentitas. 

Jika Anda melihat profil orang lain yang menampilkan informasi tentang diri Anda, Anda dapat melaporkannya ke Facebook dengan laporan peniruan identitas. 

Facebook menganggap peniruan identitas sebagai pelanggaran privasi, maka dari itu, mereka segera menghapus akun tiruan yang Anda laporkan tadi. 

Menggunakan Nama Palsu

Facebook telah mengimprovisasi kebijakannya beberapa tahun terakhir untuk memastikan penggunanya menyebutkan informasi dengan benar. 

Anda perlu menggunakan nama asli untuk membuat Facebook. Karena jika Anda menggunakan nama palsu, Facebook akan menganggap itu sebagai pelanggaran privasi, dan akun Anda akan dinonaktifkan. 

Melanggar Kebijakan Facebook

Facebook memiliki beberapa kebijakan yang harus diikuti. Jika Anda melanggar salah satu kebijakan yang ada, jangan heran jika perusahaan mengambil langkah untuk menonaktifkan akun Anda. 

Posting Komentar Negatif

Seperti yang disebutkan tadi, pengguna harus mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh Facebook untuk menciptakan ruang yang aman bagi semua orang. 

Ketika Anda memposting komentar kasar dan menyinggung di aplikasi, tim Facebook akan memperhatikannya. Awalnya mungkin akun Anda akan dilarang untuk memposting komentar dan konten selama beberapa jam. 

Namun, jika kejaduan tersebut terulang terus menerus, dan pengguna lain melaporkan spam atau penyalahgunaan ke Facebook, Facebook mengamati pengguna yang akunnya harus dinonaktifkan.

Akun Diretas

Kemungkinan terakhir kenapa akun Anda nonaktifkan secara tiba-tiba adalah mungkin karena akun Anda diretas. 

Ketika akun Anda diretas, itu adalah masalah serius dan memprihatinkan. Akun yang diretas berarti orang lain memiliki akses penuh ke data Anda. 

Maka dari itu, ada baiknya Anda menggunakan kata sandi yang rumit agar akun Anda aman. Anda juga dianjurkan untuk rutin mengubah kata sandi, agar terhindar dari hacker. Selain itu juga gunakan autentikasi dua faktor yang membuat akun lebih aman.