Buruh Demo May Day di Jakarta Pakai Topeng Babi Berseragam Bos Perusahaan Sentil Kezaliman
Buruh memakai topeng saat demo dalam rangka May Day 2024 di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu 1 Mei. (Jehan-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah buruh memakai riasan wajah beraksi teatrikal saat demo dalam rangka Hari Buruh Internasional atau May Day di kawasan Patung Kuda, Jakarta.

Mereka berasal dari serikat buruh “Sebumi”, memakai gaya pantomim dengan seragam ala bos perusahan, sementara wajahnya dirias seperti badut hingga memakai topeng babi.

“Mungkin istilahnya berbeda dari yang lain supaya mengenai penyampiannya,” kata Irin salah satu anggota Sebumi dari Karawang di lokasi demonstrasi, Rabu, 1 Mei.

Irin mengatakan seragam ala bos perusahaan yang digunakannya juga sebagai gambaran bahwa masih ada petinggi perusahaan yang zalim tidak peduli terhadap bawahannya.

“Ini jadi perusahaaan seorang bos perusahaan. Jadi ceritanya ini kalau orang ini engga peduli sama bawahannya yang melakukan pemecetan sepihak,” ucapnya.

Serikat buruh Sebumi yang terlibat dalam aksi May Day di kawasan Patung Kuda ini berjumlah kurang lebih 40 orang. Selain mendandani diri, mereka juga memegang poster berisi keluhan menjadi buruh di Tanah Air.

Upaya-upaya yang dilakukan Irin dan kawan-kawannya para buruh ini agar bisa menarik perhatian sehingga apa yang disuarakan mudah diingat.