Honda dan LG Bangun Pabrik Baterai <i>Joint Venture</i> di Ohio dengan Kapasitas 40GWh
Honda Prologue , baterinya akan disediakan dari pabrik di Ohio. (foto: twitter @honda)

Bagikan:

JAKARTA - Honda Motor  dan LG Energy Solution mengumumkan pada Selasa 11 Oktober bahwa mereka akan membangun pabrik baterai joint venture baru senilai 4,4 miliar dolar AS di Ohio.

Kedua perusahaan telah mengumumkan rencana tersebut pada Agustus lalu tetapi belum menetapkan lokasi di AS. Mereka mengatakan bahwa mereka awalnya berkomitmen untuk menginvestasikan 3,5 miliar dolar AS dan menciptakan 2.200 pekerjaan tetapi mengatakan investasi keseluruhan diproyeksikan mencapai 4,4 miliar.

Honda secara terpisah akan menginvestasikan 700 juta dolar AS untuk memperlengkapi kembali beberapa pabrik yang ada untuk produksi kendaraan listrik.

Pembuat mobil Jepang ini akan memperlengkapi kembali tiga pabrik mesin Ohio, termasuk pabrik mesin terbesar di dunia dan menambah 300 pekerjaan baru, saat mereka bergerak ke lebih banyak produksi kendaraan listrik.

Honda berencana untuk memulai produksi dan penjualan Honda EV di Amerika Utara pada tahun 2026, berdasarkan Honda e:Architecture yang baru. Namun usaha patungan ini masih menunggu persetujuan regulator.

Kedua perusahaan berencana untuk memulai konstruksi pada awal 2023 dan bertujuan untuk menyelesaikan fasilitas baru sekitar 40 mil barat daya Columbus pada akhir 2024.

Pabrik ini ditargetkan untuk memiliki kapasitas tahunan sekitar 40GWh karena akan memulai produksi massal baterai lithium-ion pada akhir tahun 2025.

Baterai EV yang diproduksi di pabrik JV baru akan diberikan ke pabrik mobil Honda untuk memproduksi EV yang akan dijual di Amerika Utara. Honda mentargetkan untuk membuat EV dan sel bahan bakar mewakili 100% dari penjualan kendaraannya pada tahun 2040.

Pada April lalu, Honda dan General Motors  mengatakan mereka akan mengembangkan serangkaian kendaraan listrik dengan harga lebih rendah berdasarkan platform bersama baru, yang berpotensi menghasilkan jutaan mobil mulai tahun 2027 dalam upaya untuk mengalahkan Tesla  dalam penjualan mobil listrik.

Pengumuman itu memperluas rencana GM untuk mulai membangun dua SUV listrik untuk Honda mulai tahun 2024 , yang Honda Prologue dan model Acura.