LG Energy Solution dan Honda Resmi Buka Usaha Patungan Baterai EV di Ohio
LGES dan Honda resmi buka usaha patungan di Ohio (foto: @honda)

Bagikan:

JAKARTA - LG Energy Solution dan Honda Motor Co. resmi mengumumkan pendirian usaha patungan (JV) baterai EV nya yang sementara bernama LH Battery Company di Ohio. 

Pabrik sel baterai lithium-ion baru ini akan dibangun di Fayette County, dekat Jeffersonville, di Ohio, dengan target kapasitas produksi 40 GWh per tahun. 

Berdasarkan rilisnya, perusahaan akan memulai pembangunan pabrik baterai baru awal tahun ini dengan tujuan penyelesaian pada akhir tahun 2024 dan memulai produksi massal sel baterai lithium-ion canggih pada akhir tahun 2025. 

Semua baterai yang diproduksi oleh usaha patungan baru akan dipasok secara eksklusif ke pabrik Honda di Amerika Utara untuk menggerakkan kendaraan baterai-listrik yang dijual di Amerika Utara.

Kemitraan antara LG Energy Solution merupakan cara Honda untuk mengamankan pasokan sel baterai lithium-ion yang stabil dan bervolume tinggi untuk model all-electric mendatang di Amerika Utara. 

“Dengan gabungan keahlian dua perusahaan, kami akan menyediakan baterai berkualitas terbaik untuk memastikan peluncuran sukses Honda EVs di Amerika Utara, dan tumbuh bersama komunitas di sini di Ohio dengan menciptakan pekerjaan bernilai tinggi," ujar Robert H. Lee, CEO LH Battery Company, Inc.

Rick Riggle selaku COO LH Battery Company juga mengatakan bahwa pendirian formal usaha patungan antara LG Energy Solution dan Honda untuk memproduksi baterai EV di Ohio merupakan langkah besar lainnya menuju masa depan elektrifikasi perusahaan.