Komisi Layanan Publik New York Digugat Aktivis Lingkungan, Ini Penyebabnya!
Ilustrasi kota New York yang ingin menerapkan energi bersih. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Layanan Publik New York (PSC) digugat oleh aktivis lingkungan pada 13 Januari karena menyetujui pengambilalihan fasilitas penambangan cryptocurrency di negara bagian tersebut.

Menurut The Guardian, Komisi Layanan Publik (PSC) negara bagian bertanggung jawab untuk mengatur utilitas publik dan pada September 2022 mengesahkan konversi pembangkit listrik Fortistar North menjadi situs penambangan crypto.

Fasilitas ini terletak di Tonawanda, sebuah kota kurang dari sepuluh mil dari Air Terjun Niagara, dan akan diambil alih oleh perusahaan penambangan kripto Kanada, Digihost.

Klaim penggugat bahwa persetujuan tersebut melanggar undang-undang iklim New York tahun 2019. Undang-undang Kepemimpinan Iklim dan Perlindungan Masyarakat (CLCPA) menetapkan target untuk mengurangi 85% emisi di seluruh negara bagian pada tahun 2050 dan listrik nol emisi pada tahun 2040, di antara target lainnya.

Dalam gugatan tersebut, Clean Air Coalition of Western New York dan Sierra Club diwakili oleh Earthjustice nirlaba, mengklaim bahwa pabrik Fortistar hanya beroperasi selama periode permintaan listrik yang tinggi, seperti kondisi cuaca ekstrem. Namun, sebagai pabrik penambangan crypto, situs tersebut akan beroperasi 24 jam sehari, menghasilkan emisi gas rumah kaca hingga 3.000% lebih banyak.

Aktivis berpendapat bahwa negara bagian New York harus melakukan tinjauan lingkungan saat memeriksa proyek.

Pada Oktober 2021, sebuah surat dari sekelompok bisnis lokal meminta negara untuk menolak konversi pembangkit listrik menjadi fasilitas penambangan kripto.

“Penambangan mata uang kripto Proof-of-Work menggunakan energi yang sangat besar untuk memberi daya pada komputer yang diperlukan untuk menjalankan bisnis — jika aktivitas ini berkembang di New York, hal itu dapat secara drastis merusak sasaran iklim New York yang ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Kepemimpinan Iklim dan Perlindungan Komunitas,” kata mereka, dikutip dari Cointelegraph.

Menurut pengajuan publik, Digihost berencana mengubah fasilitas tersebut menjadi gas alam terbarukan untuk mengurangi dampak lingkungannya. Perusahaan juga mencatat bahwa lokasi penambangan telah disetujui oleh komisi perencanaan Tonawanda Utara, yang melakukan tinjauan lingkungan sebelum mengambil keputusan.

Dilaporkan Cointelegraph pada Agustus lalu, Digihost juga mengungkapkan rencana untuk memindahkan sebagian rig penambangannya dari New York ke Alabama dalam upaya menurunkan biaya energi, lapor Cointelegraph.

Digihost tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Cointelegraph, tentang laporan itu.