Meta Konfirmasi akan Hapus Fitur Neighborhood Karena Dinilai Kurang Efektif
Tampilan fitur Neighborhood di Facebook (foto: Meta)

Bagikan:

JAKARTA - Meta dikabarkan akan menghentikan uji coba layanan Neighborhoods, yang diluncurkan resmi tahun lalu kepada pengguna Facebook di Amerika Serikat dan Kanada. 

Fitur Neighborhood dibuat untuk membantu orang-orang agar terhubung dengan penduduk sekitar. Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk mendukung bisnis lokal, dan meminta rekomendasi atau tips di grup lokal, serta menawarkan dukungan dan bertemu tetangga yang memiliki minat yang sama.

Tapi sayangnya, Meta tampaknya akan menghentikan uji coba fitur tersebut. Pengumuman pertama kali ditemukan oleh seorang konsultan media sosial dan analis industri, Matt Navarra di Twitter.

Postingan gambar yang diunggah Matt menunjukkan bahwa pengumuman tersebut ditulis oleh Manajer Produk Meta, Tohm. Ia mengatakan telah menerima masukan selama beberapa bulan terakhir, dan sampai pada keputusannya untuk menutup fitur Neighborhood.

"Saat kami meluncurkan Neighborhoods, misi kami adalah mendekatkan komunitas lokal, dan kami telah belajar cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui kelompok. Kami akan menutup grup ini pada tanggal 7 September, dan mengakhiri pengujian Neighborhoods kami pada 1 Oktober, di mana fitur tersebut tidak akan ada lagi," tulis Tohm dalam unggahan Matt.

Perusahaan mengatakan bahwa awalnya mereka berinvestasi di Neighborhood karena melihat seberapa populer konten lokal di platformnya. Namun pada akhirnya, Facebook menyadari cara terbaik untuk bergerak maju di bidang ini adalah dengan mengizinkan orang untuk terus menggunakan Grup Facebook, seperti yang telah mereka lakukan.

Melansir dari laporan TechCrunch, Neighborhood pertama kali diuji secara diam-diam di Calgary, Kanada pada tahun 2020, sebelum diluncurkan secara lebih resmi di Kanada dan AS tahun lalu.