JPMorgan Sebut Sebagian Besar Aset Kripto Adalah Sampah
Mata uang kripto Bitccoin, Ethereum, dan XRP. (foto: dok. Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Bank investasi dan layanan keuangan multinasional asal AS, JPMorgan, memiliki unit blockchain-nya sendiri. Umar Farooq adalah CEO unit blockchain di JPMorgan. Dalam pernyataannya baru-baru ini, dia menyatakan bahwa sebagian besar mata uang kripto adalah sampah.

Farooq juga berpendapat sebagian besar mata uang kripto akan hilang dan hanya menyisakan segelintir saja yang memiliki utilitas penting bagi sistem keuangan. Dia percaya kasus penggunaan kripto belum terungkap sepenuhnya, sementara sebagian besar aset kripto yang ada saat ini belum begitu berarti.

Melansir CryptoPotato, Farooq berbicara di seminar Green Shoots Otoritas Moneter Singapura (MAS) pada hari Senin, Farooq mengatakan bahwa peraturan tersebut juga belum menyusul sektor yang sedang berkembang, sehingga menghalangi terjunnya beberapa lembaga keuangan tradisional.

“Sebagian besar crypto masih sampah sebenarnya, maksud saya dengan pengecualian yang akan saya katakan, beberapa lusin token, segala sesuatu yang telah disebutkan adalah kebisingan atau terus terang, hanya akan hilang,” kata Farooq.

Farooq, yang kebetulan menjadi kepala Onyx JPMorgan, mengatakan bahwa pengguna pada akhirnya akan pindah ke lembaga keuangan yang diatur untuk melakukan transaksi bernilai besar yang “serius” terutama karena infrastruktur akan didukung oleh pemerintah dan regulator. Karena itu, eksekutif mengatakan bahwa opsi swasta akan selalu ada di sektor ini.

Sambil berpendapat bahwa sektor ini belum cukup matang, eksekutif JPMorgan melanjutkan dengan mengatakan bahwa sebagian besar modal dalam ekosistem Web 3 pada tahap ini adalah untuk kegiatan spekulatif.

“Anda memerlukan semua hal itu untuk matang sehingga Anda benar-benar dapat melakukan sesuatu dengan mereka. Saat ini, kami belum sampai di sana, sebagian besar uang yang digunakan di Web3 saat ini, dalam infrastruktur saat ini, adalah untuk investasi spekulatif,” tambahnya.

Komentar Farooq mengikuti arahan baru MAS di mana ia mengungkapkan rencana untuk mematikan spekulasi kripto tetapi tidak menghambat inovasi kripto. Dalam seminar itu sendiri, regulator keuangan Singapura telah memproyeksikan pesan yang konsisten bahwa sementara industri aset digital secara keseluruhan cukup menjanjikan. Menurut mereka, perdagangan cryptocurrency berisiko bagi investor non-profesional. Pandangan JPMorgan sendiri mencerminkan sentimen yang lazim.

Sementara dalam beberapa bulan terakhir, market cryptocurrency telah mengalami penurunan signifikan. Saat ini mata uang kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya, Bitcoin, diperdagangkan di harga Rp300 jutaan per BTC. Sementara kripto nomor dua, Ethereum, berada di kisaran harga Rp23 jutaan per ETH. BTC dan ETH anjlok 6,2% dan 4,7% dalam satu pekan terakhir.