Mt Gox Bantah Rumor Bakal <i>Dump</i> Bitcoin
Mt Gox bantah rumor bakal dump Bitcoin. (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan perdagangan kripto yang berbasis di Jepang, Mt Gox, membantah rumor yang menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan dump besar-besaran. Rumor tersebut menyatakan bahwa Mt Gox akan mendistribusikan ratusan ribu Bitcoin ke kreditor.

Nyatanya, pihak Mt Gox berencana membayar secara secara bertahap dengan cara mencicil. Namun, perusahaan mengaku belum mengumumkan jadwal resmi untuk memulai pembayaran dalam BTC kepada kreditor.

Menurut Eric Wall, kreditor Mt. Gox, yang mengkonfirmasi bahwa laporan baru yang beredar bahwa 137,000 BTC yang dikirim ke kreditor akan segera dibuang di pasar adalah palsu. Dalam utas Twitter baru-baru ini, Wall mengatakan sistem pembayaran kembali belum ditayangkan.

Saat membahas rumor yang beredar di seluruh saluran media sosial, mantan CIO di perusahaan investasi crypto yang berbasis di Oslo, Arcane Assets, mengatakan pembayaran juga akan terjadi secara bertahap selama berbulan-bulan alih-alih menurunkan ribuan BTC sekaligus, sehingga memicu kekhawatiran dumping.

Pembayaran kembali juga diharapkan dilakukan melalui pertukaran kripto yang disetujui, yang namanya belum dirilis. Kreditor juga menambahkan bahwa meskipun pasar tidak menguntungkan saat ini, dia lebih suka membeli jika ada Bitcoin yang dirilis daripada menjualnya.

Ledakan Mt. Gox berawal dari hampir satu dekade yang lalu, ketika Mt. Gox tiba-tiba menghentikan operasinya di tengah pengungkapan keterlibatannya dalam pencurian ratusan ribu Bitcoin. Yang terjadi kemudian adalah prosedur hukum yang panjang.

Awal tahun ini, Nobuaki Kobayashi dari Mt. Gox mengungkapkan bersiap-siap untuk memfasilitasi pembayaran kembali kepada kreditor. Dokumentasi pada tanggal 6 Juli menyatakan akhir Agustus sebagai periode referensi untuk pembayaran awal dana.

“Periode Referensi Pembatasan dari sekitar akhir Agustus tahun ini sampai semua atau sebagian dari pembayaran kembali yang dilakukan sebagai pembayaran awal selesai untuk Pembayaran Kembali yang aman dan terjamin,” ujar Kobayashi, dikutip dari CryptoPotato.

Rumor yang beredar di media sosial terkait Mt. Gox yang akan merilis 137.000 Bitcoin ke kreditor yang kemudian akan dijual secara besar-besaran adalah bentuk lain dari FUD (fear, uncertainty, doubt) belaka. Itu dibantah oleh pihak Mt. Gox sendiri. Jika pembayaran dilakukan secara sekaligus, kemungkinan besar itu akan berpengaruh pada harga BTC. Sebagaimana diketahui, saat ini harg Bitcoin sedang bersusah payah bergerak di kisaran 20.000-an dolar AS per koin.