Bagikan:

JAKARTA - Setelah hampir satu dekade sejak kejatuhan yang terkenal, Mt. Gox, bursa Bitcoin Jepang, akan mulai mendistribusikan pengembalian kepada para kreditornya dalam bentuk Bitcoin (BTC) dan Bitcoin Cash (BCH) mulai bulan Juli 2024.

Runtuhnya Mt. Gox pada tahun 2014 memicu bertahun-tahun proses hukum dan upaya pemulihan aset yang hilang. Pada 2018, sekitar 200.000 Bitcoin berhasil ditemukan kembali, memulai proses rehabilitasi panjang di bawah pengawasan seorang wali yang ditunjuk oleh pengadilan. Sejak saat itu, para kreditur telah menantikan kompensasi dengan berbagai penundaan yang mengganggu proses tersebut.

Dalam pengajuan terbaru, diketahui bahwa mulai Juli 2024, wali rehabilitasi akan memulai proses pengembalian dengan mendistribusikan BTC dan BCH kepada para kreditur. Distribusi ini bertujuan untuk memberikan kompensasi kepada para pengguna yang kehilangan dana mereka saat runtuhnya Mt. Gox. Detail rinci tentang rencana pengembalian, termasuk proporsi aset yang akan didistribusikan dan jadwal penyelesaiannya, terus diawasi oleh komunitas kripto.

Menurut laporan CryptoNews, Mt. Gox memiliki kewajiban untuk membayar 142.000 BTC (senilai lebih dari Rp144 triliun) kepada para krediturnya sebelum 31 Oktober 2024. Selain itu, Mt. Gox juga berutang 72 juta Dolar AS (sekitar Rp 1,1 triliun) dalam Bitcoin Cash dan 445,8 juta Dolar AS (sekitar Rp 7,2 triliun) dalam bentuk mata uang fiat.

BACA JUGA:


Dampak Terhadap Pasar Kripto

Pada bulan Mei, Mt. Gox menggerakkan miliaran Bitcoin yang berdampak pada pasar. Analis K33 Research, Anders Helseth dan Vetle Lunde, dalam catatan pasar mereka pada 23 April, menyarankan bahwa kreditur mungkin akan mulai menerima Bitcoin mereka pada bulan Mei. Namun, proses distribusi ini baru akan benar-benar dimulai pada bulan Juli.

Langkah distribusi Bitcoin dan Bitcoin Cash oleh Mt. Gox ini menandai tonggak penting dalam menyelesaikan masalah keuangan yang telah berlangsung selama satu dekade.

Sementara itu, harga Bitcoin turun di bawah 62.500 Dolar AS (sekitar Rp 1 miliar) karena pasar kripto mengalami salah satu penurunan mingguan terburuk tahun ini. Bitcoin diperdagangkan pada level terendah bulanan sekitar 62.490 Dolar AS di tengah enam hari berturut-turut arus keluar dari ETF Bitcoin di AS dan ketidakpastian kebijakan moneter. Harga Bitcoin turun 6% dalam tujuh hari terakhir.