Komunitas Kripto Desak Ketua SEC Gary Gensler Turun dari Jabatannya
Gary Gensler dituntut mundur dari SEC. (foto: dok. Change.org)

Bagikan:

JAKARTA – Komunitas kripto merespon ketidakjelasan aturan kripto dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terkait industri cryptocurrency. Komunitas XRP bersama komunitas kripto pada umumnya, menyuarakan tuntutan terhadap Gary Gensler, yang menjabat sebagai ketua SEC saat ini.

Petisi muncul setelah adanya klaim korupsi dan manipulasi pasar di SEC baru-baru ini. Petisi Change.org telah dibuat untuk melengserkan Gary Gansler dari jabatannya.

Hingga saat ini petisi “Pecat Gary Gensler sebagai Ketua SEC karena Menghalangi Keadilan” telah ditandatangani sekitar 26.000-an suara. Beberapa jam sebelumnya hanya tembus 16.000-an suara. Ini merupakan peningkatan cepat respon dari komunitas kripto. Beramai-ramai mereka menyerukan pengunduran diri Gary Gensler. Protes ini merupakan bentuk ketidakpercayaan komunitas terhadap regulator AS.

Menurut petisi tersebut, Gensler harus mengundurkan diri karena dia gagal melindungi investor reguler dari aksi penipuan yang dilakukan oleh aksi short seller Citadel Securities dan penyalahgunaan dark pool.

“Ketua SEC Gary Gensler terlibat dalam kegiatan kriminal yang dilakukan oleh Citadel Securities, Citadel the Market Maker dalam penjualan singkat gamblang dan penyalahgunaan dark pool,” tulis petisi di Change.org.

Menurut laporan Coincu, Ketua SEC juga telah dituding melakukan shorting pada perusahaan yang berfokus pada kripto seperti AMC Theatres dan GameStop melalui Vanguard Group, Annabel Lee LLC, dan Marital Trust yang tidak terdaftar.

Sementara itu, pada tanggal 27 Juli, pengacara John E. Deaton mengungkapkan bahwa uang milik bisnis Gensler, Annabel Lee LLC dan Marital Trust, dikelola oleh Vanguard Group. Ketua SEC memiliki kekayaan bersih lebih dari 100 juta dolar AS (sekitar Rp1,4 triliun). Dalam hal ini, Vanguard adalah pengelola 90% kekayaan Gensler.

Di sisi lain, Gensler meminta para pelaku industri kripto untuk mengikuti ketentuan dari SEC. Padahal peraturan kripto masih belum jelas di AS. Selain itu, dia juga menyatakan akan terlibat dengan pertukaran kripto untuk melindungi investor dengan lebih baik. Bersamaan dengan itu, Gensler menolak untuk menemui investor XRP, Kongres AS, dan otoritas keuangan lainnya.

Selain itu, SEC di bawah Gary Gensler tampaknya menghindari putusan sebelumnya dan pendapat resmi. Misalnya, dalam gugatan terhadap Ripple, SEC gagal memberikan draf pidato Hinman tahun 2018 meskipun ada perintah pengadilan.

SEC sebagai regulator AS saat ini tengah menjadi sorotan publik. Pejabat SEC juga diduga memiliki hubungan dengan Ethereum Enterprise Alliance, perusahaan terafiliasi dengan Ethereum. Pada tahun 2018, William Hinman mengeluarkan pernyataan kontroversial dengan menyatakan bahwa XRP dalah sekuritas, sementara Bitcoin dan Ethereum bukan sekuritas.

Upaya Ripple Labs untuk go public beberapa tahun lalu dijegal oleh SEC. Regulator menyeret Ripple Labs ke pengadilan dengan tudingan melakukan penjualan sekuritas tidak terdaftar. Di sisi lain, pihak Ripple bersikeras bahwa XRP bukan sekuritas. Begitu pula bagi negara-negara lain kecuali di AS.