Inovasi dari Afrika Selatan, Bitcoin Bisa Diakses Hanya Lewat SMS, Tak Perlu Internet
Bitcoin di Afrika Selatan bisa diakses tanpa internet dan hanya gunakan SMS. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah inovasi menggunakan jaringan seluler (GSM) dapat menghubungkan jutaan pengguna Bitcoin (BTC) yang sebelumnya tidak dapat dijangkau oleh protokol Bitcoin yang bergantung pada internet. Jaringan ini dibangun oleh pengembang asal Afrika Selatan, Kgothatso Ngako (KG). Layanan bitcoin berbasis SMS baru ini diberi nama Machankura, kata slang Afrika Selatan yang berarti  uang.

KG, julukan yang kenal di antara teman-temannya, berbicara kepada Cointelegraph dari Pretoria, Afrika Selatan, tentang ketertarikannya pada Bitcoin dan harapan bahwa Bitcoin melalui teks akan membawa BTC ke jutaan orang Afrika.

Seorang pembicara bahasa Inggris, ketika KG pertama kali belajar tentang Bitcoin, dia mengalirkan buku audio dan podcast secara religius dalam perjalanan ke tempat kerja. Saat ia jatuh ke lubang kelinci Bitcoin, perjalanan 20 menitnya menjadi dua jam perjalanan ke Council for Scientific and Industrial Research (CSIR) di Afrika Selatan, di mana ia bekerja sebagai pengembang perangkat lunak.

Dalam wawancara terpisah, Master Guantai, pendiri Bitcoin Mtaani, mengatakan kepada Cointelegraph, “Jumlah ponsel di Afrika dua kali lipat dari jumlah orang.” Namun, penetrasi smartphone berkemampuan internet di Afrika sendiri masih rendah.

Di Kenya, negara asal Guantai, dia menjelaskan bahwa mengisi ulang telepon dengan airtime adalah hal yang biasa seperti pembayaran kartu kredit di Barat. Sebuah laporan oleh Caribou mendukung pernyataan tersebut bahwa  94% transaksi keuangan di Afrika dilakukan melalui USSD, protokol yang digunakan untuk mengirim pesan teks, sedangkan hanya 6% dari transaksi ini dilakukan melalui aplikasi seluler.​​

Singkatnya, meskipun ada jutaan ponsel di Afrika, kebanyakan digunakan untuk mengirim pesan teks (SMS). KG telah menemukan sesuatu yang bisa sangat besar untuk adopsi Bitcoin di Afrika.

“Tahun ini, banyak percakapan di luar angkasa seputar USSD atau membuat Bitcoin dapat diakses di ponsel menengah, ini bisa menjadi proyek paruh waktu.   Jadi biarkan saya yang mengaturnya. Dan pada dasarnya seperti itulah Machankura muncul!” kata KG.

KG memulai dengan membangun proyek terjemahan bahasa Afrika Exonumia. Sekarang memberikan pendidikan terkait Bitcoin dalam lusinan bahasa. Dia juga menjelaskan kepada Cointelegraph bahwa jika kita membuat Bitcoin lebih mudah diakses oleh orang Afrika, maka, sebagai konsekuensinya, mereka akan belajar tentang uang dan menemukan cara untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Begitu Exonumia yang mulai bersemangat. Dia bertanya, “apa hambatan lain untuk menerima Bitcoin? Bahasa adalah salah satunya, yang lainnya adalah akses internet.”

Dia meringkas internet di Afrika sebagai ruang yang didominasi oleh aplikasi besar seperti Instagram dan Facebook. Masalah yang melekat pada pengguna smartphone adalah memiliki cukup ruang di ponsel, konektivitas internet, dan harga.

KG mengkodekan Manchakura untuk memecahkan masalah tersebut, dan menjelaskan, “Fokus utamanya adalah membelanjakan dan menerima Bitcoin.” KG menjelaskan cara kerjanya seperti  Pengguna menekan nomor dan kemudian diperkenalkan ke menu di mana mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang Bitcoin atau mendaftarkan akun.

"Yang Anda perlukan untuk mendaftarkan akun hanyalah pin 5 digit, dan dari sana, Anda akan disajikan menu yang berbeda: Kirim dan terima Bitcoin," ungkapnya.

 Paco, pengelana Bitcoin yang tidak akan berhenti mengajari orang-orang tentang Bitcoin di seluruh dunia, mendemonstrasikan Machankura kepada seorang guru di Nigeria, atas permintaan Cointelegraph.

Akibatnya, aplikasi yang kompatibel dengan dompet Lightning di ponsel atau komputer dapat mengirim Bitcoin melalui Lightning Network ke nomor telepon. Ini secara efektif menjadi alamat Lightning.

Machankura juga telah terintegrasi dengan Bitrefill, layanan kartu hadiah prabayar yang semakin populer untuk Bitcoin di Afrika. Plus, mulai Agustus ini, orang Afrika Selatan akan dapat mengisi Lighting Wallet mereka dengan kredit dari toko grosir dalam kemitraan dengan “Satu untuk Anda,” kata penyedia voucher.

Seperti yang dirangkum Ngako, "Seseorang yang benar-benar tanpa akses internet dapat beralih dari tidak memiliki Bitcoin menjadi memiliki Bitcoin dan kemudian menghabiskan Bitcoin."

Master Guantai juga berbagi bahwa jaringan itu sudah bekerja dengan baik di enam negara Afrika. Selain itu, bursa populer Paxful telah menunjukkan minat,    Guantai menjelaskan, karena kemudahan yang dapat digunakan orang untuk bergabung menggunakan GSM diremehkan.

KG menandai potensi kekhawatiran dengan adanya inovasi ini karena pemerintah melarang atau bereaksi negatif terhadap Bitcoin. Biaya komisi untuk membeli voucher dapat menunda orang, dan fakta bahwa KG memahami bahwa dalam menawarkan perusahaan terpusat untuk memasukkan orang ke dalam Bitcoin, ada risiko bahwa mereka tidak menghabiskan waktu untuk mengenal teknologinya.

Plus, layanan ini bersifat kustodian, poin yang bertentangan dengan etos Bitcoin “bukan kunci Anda, bukan koin Anda.” Jadi, dia mencari cara untuk menggunakan kartu SIM sebagai kunci pribadi.