Bagikan:

JAKARTA - Dampak penjualan Bitcoin oleh bursa kripto yang gulung tikar akibat serangan peretasan, Mt. Gox, ternyata tidak sebesar yang diperkirakan sebelumnya. Pendiri dan CEO perusahaan analitik on-chain CryptoQuant, Ki Young Ju, mengungkapkan hal ini pada tanggal 17 Juli melalui akun X-nya yang memiliki 355.000 pengikut.

Ki Young Ju menegaskan bahwa fear, uncertainty, doubt (FUD) terhadap dampak Mt. Gox sebenarnya berlebihan. Ia menunjukkan bahwa pertumbuhan kapitalisasi pasar Bitcoin telah melampaui pertumbuhan kapitalisasi yang direalisasikan, mengindikasikan permintaan yang kuat. “Sejak tahun lalu, lebih dari 224 miliar dolar AS dalam bentuk Bitcoin telah dijual, namun harga naik hingga 350%,” tambahnya.

Dampak Penjualan Mt. Gox

Ki Young Ju juga menyoroti bahwa meskipun 3 miliar dolar AS dari aset Mt. Gox telah dijual di Kraken, jumlah ini hanya mewakili 1% dari peningkatan kapitalisasi yang direalisasikan selama siklus bull ini. Kapitalisasi yang direalisasikan mengukur nilai transaksi berdasarkan harga saat terakhir dipindahkan, bukan nilai saat ini.

Menurut laporan CryptoQuant, lebih dari sepertiga Bitcoin yang harus dibayar kepada kreditor bursa yang sudah bangkrut ini telah didistribusikan, dengan angka distribusi mencapai 36% pada tanggal 17 Juli. “Trustee memegang 141.686 BTC yang akan didistribusikan seiring waktu,” tambahnya.

Pada tanggal 16 Juli, Mt. Gox memindahkan 48.641 BTC senilai sekitar 3 miliar dolar AS dari dompet dinginnya ke dompet di bursa Kraken, menurut platform analitik Arkham. Kraken menyatakan bahwa mereka telah berhasil menerima dana kreditor (BTC dan BCH) dari Trustee Mt. Gox. “Kami akan bekerja untuk mendistribusikan dana secepat mungkin, harap antisipasi 7-14 hari untuk dana dikreditkan ke akun Anda,” tambah Kraken.

Menurut Arkham Intelligence, dompet yang terkait dengan Mt. Gox masih mengandung 90.344 BTC yang bernilai sekitar 5,87 miliar dolar ASpada harga saat ini.

Penerima Ganti Rugi BTC Mt. Gox Jadi Incaran Peretas

Dalam berita terkait, beberapa pengguna Reddit melaporkan serangan brute-force pada akun Mt. Gox mereka atau upaya peretasan pada akun Kraken mereka. Dengan potensi jumlah besar BTC yang masuk ke akun pengguna Mt. Gox, mereka menjadi target utama bagi scammer dan peretas.

Meskipun sempat turun ke 62.500 dolar AS awal pekan ini, harga BTC tetap bertahan dan konsolidasi di sekitar level 65.000 dolar AS selama dua hari terakhir. Seperti yang terjadi setelah penjualan oleh pemerintah Jerman, pasar kemungkinan akan menyerap dampak tersebut. Namun, BTC perlu mengatasi resistensi di 66.000 dolar AS untuk mengonfirmasi pembalikan tren dan meraih keuntungan lebih lanjut.