Dari iPhone dan iPad, Kini Pengguna Baru Bisa Daftar Langganan Netflix
Netflix, kini bisa daftar langganan dari iPhone dan iPad. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Netflix telah mulai mengarahkan pengguna di iPhone dan iPad untuk mendaftar layanan tersebut ke halaman web eksternal. Perubahan itu, seperti di laporkan oleh 9to5Mac,  terjadi hanya beberapa bulan setelah Apple mulai mengizinkan aplikasi "pembaca" yang menyediakan akses ke konten digital, seperti Netflix dan Spotify, menautkan ke halaman pendaftaran akun di situs web mereka sendiri.

Sejak 2018, Netflix tidak menyediakan tautan pendaftaran eksternal, atau bahkan memberi tahu pengguna di mana mereka dapat mendaftar, di aplikasi iPhone dan iPad-nya. Pengguna harus menavigasi ke situs web Netflix dari web atau browser seluler mereka untuk mendaftar ke layanan sebelum mengakses aplikasi di App Store.

Ini dilakukan untuk mematuhi aturan Apple, yang mempersulit aplikasi untuk mendapatkan komisi hingga 30 persen untuk pembelian dalam aplikasi dan melarang pengembang menawarkan tautan ke halaman pendaftaran eksternal. Pengaturan membuatnya membingungkan bagi pengguna baru yang berpikir bahwa mereka dapat mendaftar ke Netflix menggunakan aplikasi.

Tapi sekarang, sepertinya itu berubah,  9to5Mac melaporkan bahwa pengguna iPhone dan iPad kini bisa melihat tautan eksternal di dalam aplikasi Netflix yang dapat mereka gunakan untuk mendaftar ke layanan tersebut. Pengguna yang mengetuk tautan akan melihat pesan yang memperingatkan bahwa mereka “akan meninggalkan aplikasi” dan membuka situs web eksternal. Itu juga mencatat setiap transaksi di halaman eksternal yang tidak berafiliasi dengan Apple:

Setiap akun atau pembelian yang dilakukan di luar aplikasi ini akan dikelola oleh pengembang “Netflix.” Akun App Store Anda, metode pembayaran yang tersimpan, dan fitur terkait, seperti manajemen langganan dan permintaan pengembalian dana, tidak akan tersedia. Apple tidak bertanggung jawab atas privasi atau keamanan transaksi yang dilakukan dengan pengembang ini.

Mengetuk (mengklik) peringatan akan mengarahkan pengguna ke halaman pendaftaran akun di situs web Netflix tempat mereka dapat memasukkan informasi pembayaran dan memilih paket berlangganan.

Tidak jelas kapan Netflix mulai memperkenalkan opsi baru ini, dan perusahaan tidak segera menanggapi permintaan komentar The Verge. Saat ini, halaman dukungan Netflix masih menyatakan bahwa pengguna tidak dapat mengakses halaman pendaftaran Netflix dari aplikasi di iPhone atau iPad-nya.

Meskipun Apple telah mulai melonggarkan kebijakannya untuk aplikasi pembaca, Apple masih memiliki serangkaian pedoman ketat yang harus diikuti oleh pengembang. Seperti misalnya tidak menyertakan informasi harga apa pun dengan tautan ke halaman pendaftaran eksternal. Pengembang juga harus mengirimkan "hak" untuk mendapatkan izin menambahkan tautan eksternal ke aplikasi mereka.

Apple telah menghadapi kritik atas kebijakannya yang memaksa sebagian besar pengembang untuk menggunakan sistem penagihan App Store, yang dikenakan komisi untuk digunakan oleh Apple.

Menanggapi undang-undang baru yang disahkan di Korea Selatan, Apple mulai mengizinkan pengembang untuk menggunakan pemroses pembayaran dari pihak ketiga dalam aplikasi yang dirilis di negara tersebut. Hal itu juga telah membuat beberapa perubahan untuk aplikasi kencan yang dirilis di Belanda setelah pertempuran panjang dengan regulator negara tersebut.

Namun Apple akan memiliki lebih banyak penyesuaian untuk dilakukan ketika undang-undang Digital Markets Act (DMA) UE disahkan, karena akan memaksa Apple untuk mengizinkan penggunaan sistem pembayaran pihak ketiga, pemuatan samping, dan toko aplikasi pihak ketiga.

Google sudah mulai mempersiapkan sejumlah langkah untuk menyesuaikan terhadap undang-undang baru dengan memberi pengembang opsi untuk menggunakan sistem penagihan alternatif untuk aplikasi yang didistribusikan di Eropa.