Cara Mematikan Pembayaran Otomatis di iPhone dan iPad yang Debit Otomatis
Ilustrasi iPhone (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mengetahui cara mematikan pembayaran otomatis di iPhone maupun iPad penting untuk diketahui. Pembayaran tersebut biasanya terpotong secara otomatis, sehingga perlu dimatikan secara manual agar pembayaran berhenti.

Cara Mematikan Pembayaran Otomatis di iPhone

Ada beberapa cara untuk mematikan pembayaran layanan langganan baik pada ponsel iPhone maupun iPad yakni sebagai berikut, dikutip dari situs Support Apple.

  1. Lewat Pengaturan
  • Masuk ke menu Pengaturan dengan icon roda gerigi
  • Setelah itu klik nama Anda atau pengguna
  • Klik Langganan
  • Anda akan menemukan daftar langganan yang terhubung pada iPhone atau iPad Anda yang aktif serta informasi lain seperti jadwal layanan habis atau selesai, nominan langganan yang harus dibayar per bulan atau per tahun. Cari layanan apa yang akan dibatalkan.
  • Setelah mendapatkan target pembatalan, Pilih “Batalkan Langganan” pada salah satu layanan. Jika tidak terdapat pilihan “Batalkan” namun terdapat pesan kedaluwarsa dengan teks warna merah, berarti langganan sudah terputus.
  1. Lewat App Store

Pengguna bisa membatalkan layanan langganan lewat App Store baik di ponsel iPhone maupun di iPad. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka App Store di piranti Anda
  • Ketuk gambar profil yang terletak di sebelah kanan atas
  • Lalu klik “Subscriptions”.
  • Akan muncul seluruh layanan langganan yang aktif dan terhubung dengan akun bank Anda. Selain itu terdapat pula layanan yang sudah selesai terhubung dengan Apple ID.
  • Jika sudah menemukan target pemberhentian, klik untuk sampai muncul opsi “Cancel” lalu klik pilihan tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa penghentian pembayaran otomatis di iPhone atau iPad harus dilakukan minimal 24 jam sebelum jatuh tempo tanggal perpanjangan. Sebagai contoh, perpanjangan akan dilakukan setiap tanggal 1 Januari, maka pengguna harus melakukan pembatalan minimal 1 hari sebelum tanggal 1 Januari. Jika tidak, perpanjangan masih tetap dilakukan dan pembayaran akan terus berjalan.

Jika pengguna melakukan pembatalan pembayaran setelah pembayaran dilakukan, maka pengguna tetap bisa menikmati layanan yang sudah dibayar sebelumnya sampai tenggat waktu habis. Sedikit tips, jika Anda berencana melakukan langganan dalam jangka waktu satu bulan dianjurkan untuk segera mematikan pembayaran otomatis agar di bulan selanjutnya tidak dilakukan pemotongan otomatis.

Pengguna juga harus tahu bahwa menghentikan pembayaran sistem otomatis di iPhone membutuhkan ID Apple Anda. Hal itu terjadi karena berkaitan dengan sistem keamanan yang diterapkan oleh Apple.

Jika pengguna melupakan kata sandi cukup masukkan ID Apple atau bisa dengan memasukkan email di pengaturan ID Apple. Setelah itu pilih “Lanjutkan” dan ikuti perintah yang tampil di layar.

Itulah informasi terkait cara mematikan pembayaran otomatis di iPhone. Untuk mendapatkan informasi tentang teknologi lainnya kunjungi VOI.ID di browser Anda.