Netflix Luncurkan Tombol Opsi Berlangganan Eksternal untuk Pengguna iOS
Netflix akan menautkan website eksternal untuk pengguna iPad dan iPhone (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Netflix mulai meluncurkan opsi ke tautan eksternal untuk pengguna iPhone dan iPad dapat mendaftar ke layanan tersebut. Opsi ini muncul ketika pada awal tahun 2022, Apple mengizinkan aplikasi "pembaca", yang menyediakan akses ke konten digital seperti Netflix dan Spotify untuk menautkan halaman pendaftaran akun ke situs web mereka sendiri. 

Seperti yang ditemukan oleh 9to5Mac, tidak tahu pasti kapan Netflix mulai meluncurkan opsi ini. Yang pasti adalah, Netflix sekarang menggunakan API iOS baru untuk aplikasi pembaca yang akan membawa pengguna ke situs web eksternal sebelum berlangganan.

"Anda akan keluar dari aplikasi dan pergi ke situs web eksternal. Kamu akan tidak lagi bertransaksi dengan NETFLIX Apple," tulis pengumuman yang muncul ketika pengguna perangkat Apple membuka aplikasi Netflix. 

Netflix juga mencatat bahwa setiap pembayaran yang dilakukan pengguna sekarang bukan lagi tanggung jawab pihak Apple. 

"Akun App Store Anda, metode pembayaran yang tersimpan, dan fitur terkait, seperti manajemen langganan dan permintaan pengembalian dana, tidak akan tersedia. Apple tidak bertanggung jawab atas privasi atau keamanan transaksi yang dilakukan dengan pengembang ini," lanjut platform tersebut. 

Jika Anda setuju untuk melanjutkan, Anda akan dibawa ke situs web Netflix dan mengisi data diri Anda, kemudian memilih paket berlangganan, dan metode pembayaran. 

Dengan begini maka Apple tidak akan lagi menerima komisi 30% dari harga berlangganan yang dibuat di aplikasi iOS, termasuk Netflix. 

Di sisi lain, Netflix mulai menguji coba fitur "add a home" baru untuk menagih pengguna yang berbagi akun mereka dengan orang lain di Argentina, Republik Dominika, El Salvador, Guatemala, dan Honduras.  

Jadi, setiap orang yang menggunakan akun Netflix di luar rumah utama, perusahaan akan mengenakan biaya tambahan sebesar 2,99 dolar AS (Rp44 ribu) per bulan.