Van Listrik Khusus Amazon Buatan Rivian Dilengkapi dengan Jejeran Fitur Keselamatan yang Canggih
Amazon mulai kirimkan barang dengan van listrik khusus dari Rivian (foto: Amazon)

Bagikan:

JAKARTA - Amazon sudah mulai mengirimkan paket menggunakan van listrik khusus buatan Rivian di sejumlah kota seperti Baltimore, Chicago, Dallas, Kansas City, Nashville, Phoenix, San Diego, Seattle dan St. Louis. 

Amazon juga menargetkan pengiriman menggunakan van listrik ini ke 100 kota lainnya pada akhir tahun. 

"Tujuan akhirnya, setidaknya untuk saat ini, adalah memiliki lebih dari 100.000 van pengiriman EV di jalan pada tahun 2030," kata perusahaan dikutip dari TechCrunch

Dalam situs web Amazon, van listrik khusus yang dirakit di pabrik Rivian di Normal, Illinois, ini memiliki desain yang ramping yang dilengkapi dengan kamera eksterior yang dapat memberikan pandangan 360 derajat bagi pengemudi melalui tampilan digital.

Menurutnya, fitur desain dari van EV ini mirip dengan kendaraan berbahan bakar gas lainnya, namun ada perbedaan pada arsitektur elektrik dan fitur kustom yang telah terintegrasi ke dalam van. 

Selain kamera eksterior 360 derajat, beberapa fitur lain yang tersedia adalah fitur mengemudi di jalan raya dan bantuan lalu lintas dan lampu belakang surround, untuk visibilitas pengereman yang lebih baik. 

Menariknya, pintu akan terkunci dan terbuka secara otomatis saat pengemudi mendekati atau meninggalkan kendaraan tersebut. Sekat pintu akan terbuka ketika pengemudi telah sampai ke tujuan. 

Selain itu, baterai yang digunakan sangat ringan, tahan banting, dan hemat biaya selain awet seumur hidup kendaraan.

Amazon juga telah menambahkan ribuan stasiun pengisian daya di stasiun pengirimannya di seluruh negeri. Bermitra dengan CERES nirlaba dan beberapa operator armada lainnya, Amazon akan meluncurkan Corporate Electric Vehicle Alliance, untuk menyatukan perusahaan guna mempercepat transisi ke kendaraan listrik.

Menurut laporan, Van pengiriman listrik ini merupakan bagian dari janji perusahaan yang ingin mencapai visinya, karbon nol bersih di seluruh operasinya pada tahun 2040 nanti.