Pengiriman Paket Amazon Ramah Lingkungan, Gunakan Sepeda dan Jalan Kaki
Amazon kirim paket dengan sepeda cargo. (foto: dok. amazon)

Bagikan:

JAKARTA - Amazon telah meluncurkan "pusat mobilitas mikro" pertamanya di Inggris dengan tujuan untuk menukar "ribuan" truk pengiriman yang berpolusi dengan sepeda kargo listrik. Bahkan dalam beberapa kasus, berjalan kaki.

Proyek ini dimaksudkan untuk membantu Amazon mencapai tujuan iklimnya agar 50 persen pengirimannya menjadi netral karbon pada tahun 2030.

Dimulai di wilayah Hackney di London, perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka akan mengirimkan 1 juta paket per tahun dengan menggunakan sepeda, jalan kaki dan kargo listrik, selain pengiriman yang dilakukan dengan van listrik. “Pekerja pengiriman dengan berjalan kaki dan e-sepeda akan membantu menggantikan "ribuan" perjalanan van tradisional,” kata sumber di Amazon, seperti dikutip The Verge.

Perjalanan netral karbon ini akan berlangsung dalam sepersepuluh dari zona emisi ultra rendah London, di mana kendaraan dikenakan biaya berdasarkan jumlah emisi yang mereka hasilkan. Sementara E-sepeda dan kendaraan listrik dibebaskan dari biaya.

Amazon mengatakan pihaknya berencana membuka hub tambahan dalam beberapa bulan mendatang. Perusahaan juga telah mengoperasikan 1.000 van pengiriman listrik di Inggris, dan memiliki rencana untuk memperkenalkan jajaran van baru buatan Rivian di AS akhir tahun ini. Namun proyek ini juga tergantung pada kemampuan Rivian untuk memenuhi pesanan tersebut.

Sepeda kargo listrik, terutama yang dirancang agar terlihat seperti truk mini, semakin populer di kalangan perusahaan pengiriman yang ingin meningkatkan kredibilitas lingkungan mereka.

FedEx juga telah menggunakan e-bike di London dengan gratis biaya emisi, sementara Domino bermitra dengan Rad Power Bikes untuk mengirimkan pizza di beberapa kota. UPS juga menggunakan sepeda kargo bekas di Seattle.

Perusahaan pengiriman Jerman DPD ingin menggunakan truk mini yang sebenarnya adalah e-bike yang disamarkan. Di New York City, e-sepeda hampir secara eksklusif digunakan oleh pekerja pengiriman makanan saat ini.

Amazon tidak merilis rincian apa pun tentang apa yang mereka sebut sebagai "kendaraan berbantuan elektronik", meskipun mereka tampak jauh berbeda dari kebanyakan sepeda kargo tradisional yang ada di luar sana.

Jika ada, kendaraan itu terlihat seperti truk mini yang pertama kali diusulkan oleh DPD, yang dirancang oleh startup bernama Eav, atau kendaraan pengiriman "eQuad" roda empat yang digunakan oleh UPS.

Jika Amazon tetap melakukannya dan benar-benar memenuhi janjinya, maka upaya mikromobilitas perusahaan di Inggris bisa menjadi yang pertama.