Amazon Segera Operasikan Pengantaran Paket dengan Drone
ilustrasi drone (Image Credit: Ilustrasi Drone Richardo Gomez Angel / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Federal Aviation Administration (FAA) akhirnya menyetujui pengoperasian drone untuk moda pengantaran barang milik Amazon. Artinya layanan pengantaran barang Prime Air milik Amazon pun siap dioperasikan di seluruh Amerika Serikat (AS).

Kini e-commerce milik Jeff Bezos itu telah mempunyai sertifikat maskapai penerbangan Part 135 yang harus dimiliki sebelum perusahaan untuk memulai layanan kurir pengiriman barang dengan drone. Rencananya Amazon akan mulai mencoba layanan kurir dronenya itu dalam waktu dekat. 

Drone ini nantinya memungkinkan pengecer untuk mulai menawarkan pengiriman barang dengan menggunakan drone komersial. Amazon juga telah memvalidasi lebih dari 500 proses keselamatan dan efisiensi sebagai bagian dari penerapannya untuk sertifikat.

"Sertifikasi ini merupakan langkah maju yang penting bagi Prime Air. Menunjukkan kepercayaan FAA dalam operasi dan prosedur keselamatan Amazon untuk layanan pengiriman drone otonom," ungkap Amazon seperti dikutip dari CNN Internasional, Selasa, 1 September.

FAA juga secara khusus mengatur Amazon agat dapat mengirimkan paket dengan aman dan efisien ke para pelanggannya. Pemimpin program drone dan mantan eksekutif Boeing, David Carbon menyebut bahwa sertifikasi tersebut merupakan langkah penting.

"Kami akan terus mengembangkan dan menyempurnakan teknologi kami untuk sepenuhnya mengintegrasikan pengiriman drone ke wilayah udara, dan bekerja sama dengan FAA dan regulator lain di seluruh dunia untuk mewujudkan visi kami dalam pengiriman 30 menit," kata Carbon.

Amazon juga mengatakan suatu hari nanti akan memperluas teknologi pengiriman paket jalur udara dengan drone, pada pelanggan di seluruh dunia. Diketahui, Amazon pertama kali mengumumkan paket Prime Air lebih dari tujuh tahun yang lalu, tetapi terhalang oleh peraturan, batasan perangkat keras, dan tantangan lainnya.

Versi terbaru dari drone pengirimannya dapat lepas landas secara vertikal. Kedepannya, Amazon akan bertujuan untuk mengembangkan drone listrik yang mampu terbang hingga 15 mil dengan paket seberat lima pon. Drone ini dapat melakukan perjalanan ini dalam 30 menit atau kurang.