Jaga Lingkungan, Amazon Terima Perangkat Elektronik Usang atau Rusak untuk Didaur Ulang
Ponsel bekas atau alat elektonik usang diterima Amazon untuk didaur ulang. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda mempunyai ponsel flip yang belum pernah Anda gunakan selama lebih dari satu dekade, atau bahkan tablet yang rusak, Amazon akan membayar biaya pengiriman yang Anda gunakan untuk mengirimkannya ke perusahaan itu agar dapat didaur ulang.

Program daur ulang Amazon memungkinkan Anda mengirimkan barang elektronik kecil milik Anda secara gratis dari titik pengiriman UPS mana pun.  Anda hanya perlu menyediakan kemasannya.

Amazon kemudian mentransfer perangkat yang diterimanya ke fasilitas daur ulang berlisensi, dan mencatat bahwa ia akan menghapus atau menghancurkan "tanda pengenal atau informasi pribadi" apa pun selama proses tersebut. Amazon juga merekomendasikan Anda untuk melakukan reset pabrik pada perangkat Anda, jika masih berfungsi, sebelum mengirimkannya.

Menurut juru bicara Amazon Saige Kolpack, program daur ulang perusahaan bukanlah hal baru. Bahkan sebenarnya sudah ada “selama bertahun-tahun” dan Amazon baru saja meluncurkan kembali halaman baru pada bulan April untuk memudahkan pelanggan menemukan mereka.

Jangan bingung dengan program trade-in Amazon, yang memungkinkan Anda mengirim perangkat Amazon, ponsel, video game, dan elektronik lainnya dengan imbalan kartu hadiah Amazon. Anda tidak mendapatkan imbalan apa pun untuk mengirimkan perangkat untuk didaur ulang, selain kepuasan pribadi bahwa Anda melakukan bagian kecil dalam kegiatan membantu lingkungan.

Program ini terbatas hanya pada perangkat elektronik kecil. Anda dapat menemukan daftar semua perangkat yang diterima jika Anda mengklik ke halaman daur ulang Amazon. Perangkat ini termasuk e-reader, tablet, keyboard, mouse, konsol video gim, penutup perangkat, ponsel, pelacak kebugaran, perangkat rumah pintar, dan banyak lagi.

Mereka dapat banyak menerima perangkat kecil apa pun yang dapat Anda masukkan ke dalam kotak atau amplop kecil - rusak atau tidak - selama mereka tidak memiliki "baterai yang bengkak atau bocor."