Bagikan:

JAKARTA - Para ilmuwan telah mengembangkan perangkat yang dapat dikenakan yang menggunakan panas tubuh Anda sebagai baterai.

Tubuh kita mempertahankan suhu konstan sekitar 37 derajat celsius, untuk memungkinkan terjadinya reaksi kimia yang membuat kita tetap hidup. Namun ini bukanlah proses yang sangat efisien. Banyak panas yang kita hasilkan hilang melalui sekitar dua meter persegi kulit kita.

Perangkat baru ini menggunakan generator termoelektrik untuk memanfaatkan perbedaan suhu antara kulit Anda dan udara di sekitarnya, mengubah energi panas itu menjadi listrik.

Dibuat oleh tim di University of Colorado Boulder (CU Boulder) Amerika Serikat, perangkat ini terbuat dari bahan elastis yang pas di dekat kulit dan bisa dipakai sebagai cincin atau gelang.

Perangkat ini juga bisa memperbaiki diri sendiri, yang berarti dapat mengkonfigurasi ulang dan memperbaiki dirinya sendiri saat Anda bergerak. Jika perangkat robek, perangkat dapat disatukan kembali dalam beberapa menit.

Saat ini, 'wearable' dapat menghasilkan sekitar 1 volt listrik untuk setiap sentimeter persegi kulit. Meskipun ini kurang dari kebanyakan baterai, ini cukup untuk memberi daya pada sesuatu seperti jam tangan atau pelacak kebugaran.

Jianliang Xiao, penulis senior studi tersebut mengatakan, pengembangan baru berarti di masa depan perangkat elektronik yang dapat dikenakan dapat diberi daya tanpa baterai.

thermoelektrik
Perangkat termoelektrik yang dipakai sebagai cincin. (Sumber: Xiaolab via Euronews)

“Setiap kali Anda menggunakan baterai, Anda menghabiskan baterai itu dan, pada akhirnya, harus menggantinya. Hal yang menyenangkan tentang perangkat termoelektrik kami adalah Anda dapat memakainya, dan ini memberi Anda daya yang konstan,” terangnya, melansir Euronews.

Selama aktivitas di luar ruangan, sisi perangkat yang tidak memanen panas tubuh Anda (sisi dingin), juga membelokkan radiasi matahari dan meningkatkan sesuatu yang disebut pendinginan langit radiatif agar lebih efisien.

Proses ini mendinginkan objek dengan membiarkan panas keluar dari atmosfer, sebagai panjang gelombang cahaya tertentu ke alam semesta. Prinsip serupa telah digunakan di masa lalu untuk membuat panel surya yang mampu menghasilkan listrik di malam hari.

Tim di CU Boulder mengatakan, bahan dari teknologi wearable ini mudah didaur ulang. Setelah selesai, perangkat tersebut dapat dimasukkan ke dalam larutan khusus yang melarutkan alas poliamina yang elastis dan memisahkan komponen listriknya sehingga dapat digunakan kembali.

Cairan tersebut kemudian juga dapat diubah kembali menjadi film poliamina baru, yang digunakan tim ilmuwan untuk membuat perangkat baru. Meskipun telah dipecah menjadi beberapa bagian dan kemudian diproduksi ulang, perangkat baru ini ternyata memiliki output daya yang mirip dengan aslinya.

“Kami mencoba membuat perangkat kami semurah dan seandal mungkin, sekaligus sedekat mungkin memberikan dampak nol terhadap lingkungan,” kata Xiao.

Dia yakin teknologi tersebut dapat dipasarkan dalam 10 tahun, menghadirkan perangkat penghasil energi generasi berikutnya yang berkinerja tinggi, dapat disesuaikan, tahan lama, ekonomis, dan ramah lingkungan.