3 Robot Mungil yang Mengubah Dunia, Ada yang Bisa Mengurai Plastik!
Ilustrasi robot nano teknologi (Big Data Analytic News)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat kita membayangkan robot di masa depan, yang muncul biasanya adalah sosok mirip manusia atau yang berukuran lebih besar. Bukan tanpa sebab, mengingat imaji itu pula yang diberikan film, anime, dan konten lainnya ketika membicarakan teknologi ini.

Padahal, robot bisa berwujud dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dari yang paling besar hingga berukuran amat-sangat kecil. Sehingga Anda akan kesulitan untuk melihatnya dengan mata telanjang.

Jenis ini dikenal sebagai robot mikroskopis. Meskipun mungil, perannya diperkirakan akan semakin besar pada masa mendatang. Mau tahu apa saja jenis robot mikroskopis yang kini sudah tersedia? Simak uraian yang dirangkum tim VOI dari berbagai sumber berikut ini.

SONOBOT, Nanobot untuk Melawan Kanker

Sistem bertahan sel kanker adalah bergerak tanpa teridentifikasi di dalam tubuh manusia. Biasanya, saat ada obyek asing yang menyerang tubuh manusia, sistem imun akan langsung bereaksi dan mengatasinya secepat mungkin. Tapi, tidak demikian dengan sel kanker.

Berdasarkan sifatnya itu, ada dua teori melawan kanker. Yakni dengan menandainya agar tubuh manusia bisa mengenali dan menyerang, atau mengirimkan agen untuk melawannya. Kini sudah ada teknologi nano yang memiliki kedua sifat itu.

Seperti yang dilaporkan Phys, ilmuwan sedang merancang mekanisme penggunaan nanobot dalam melawan sel kanker. Nanobot ini berukuran 10 kali lebih kecil dibanding sel darah merah, sehingga membuat ilmuwan tidak bisa menggunakan remot untuk menggerakannya.

Oleh karena itu, penelitian bernama SONOBOTS ini memanfaatkan gelombang ultrasound untuk memanipulasi gerakan nanobot yang membawa obat kanker.

MANiACs, Nanobot yang Bertugas Mengirimkan Obat Ke Tulang Belakang

Dalam dunia medis, penggunaan robot nano tak hanya untuk melawan kanker saja. Ada juga ilmuwan yang mengembangkan mekanisme robot nani untuk mengirimkan obat ke area sensitive -seperti sistem saraf.

Menurut laporan World Economic Forum, ilmuwan sedang bereksperimen dalam memandu robot nano menggunakan medan magnet yang dihasilkan tubuh. Jika berhasil, eksperimen ini memungkinkan distribusi obat ke lokasi tertentu dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Oleh ilmuwan, robot nano ini diberi nama “Magnetically Aligned Nanorods in Alginate Capsules” atau disingkat MANiACs. Namanya mungkin seperti karakter dalam gim Cyberpunk, tapi fungsinya bisa membuat perawatan penyakit yang berhubungan dengan tulang belakang jadi lebih aman.

Microrobot, Robot Nano yang Mampu Menghancurkan Plastik

Plastik mungkin menjadi produk unggulan ketika pertama kali ditemukan. Tapi, kini plastik jadi salah satu musuh alam. Polusi limbah plastik menjadi salah satu hal yang memicu kerusakan alam. Sudah bukan rahasia pula jika polusi plastik sudah dalam bentuk yang kecil dan tak kasat mata yang disebut mikroplastik.

Meskipun terlihat remeh, mikroplastik bisa masuk ke dalam tubuh hewan dan manusia. Kemudian, bisa menyumbat organ dan menyebabkan kerusakan kehidupan. Karena ukurannya yang kecil itu, membuat manusia kesulitan untuk membersihkan atau mengatasinya.

Namun, mimpi buruk itu tak lama lagi. Menurut laporan Scientific America, robot bernama Microrobot ini sudah diuji kemampuannya. Hasilnya menunjukkan robot nano ini sukses dalam mengurai mikroplastik.

Robot ini berukuran seperti bakteri dan bisa bergerak sendiri secara otomatis. Ketika Microrobot menemui mikroplastik, secara otomatis robot akan menampel dan membantu penguraian.

Nah, itulah 3 robot nano yang diperkirakan bakal mengubah dunia. Bukan bentuk dunia. Tapi, karena fungsinya, tentu bakal membuat hidup manusia jadi lebih berkualitas. Baik dari sisi kesehatan maupun alam.