Siput Laut Ternyata Bisa Bantu Ilmuwan Teliti Perubahan Iklim
Siput Laut Nudibranch. (Kris Mikael Krister/Unsplash)

JAKARTA - Siput laut di perairan sekitar Australia digunakan untuk membantu peneliti lebih memahami perubahan iklim. Lewat program Sensus Siput Laut, prorgam sains yang didukung sukarelawan, yang digelar sejak tahuun 2013, telah mendokumentasikan pengamatan terhadap gastropoda ini di sepanjang pantai Australia.

Progam yang digagas oleh Profesor Steve Smith dari Universitas Southern Cross di New South Wales ini, telah melakukan lebih dari 40 kali sensus. Lebih dari 630 spesies siput laut tercatat, termasuk juga penemuan spesies baru.

Misalnya saja Nudibranch, yang merupakan sekelompok moluska berwarna-warni dan mencolok, sangat berguna dalam memahami dampak pemanasan global. Ini karena mereka biasanya memiliki masa hidup kurang dari satu tahun, yang berarti mereka merespon lebih cepat terhadap perubahan kondisi lingkungan mereka.

"Kami pikir mereka adalah kelompok yang fantastis untuk menjadi target pemantauan kesehatan laut berbasis ilmu pengetahuan warga negara," kata Profesor Smith kepada ABC News Australia, seperti dilansir Euronews.

siput laut
Siput Laut Nudibranch. (Wikimedia Commons/Chika Watanabe)

Sejauh ini lebih dari 60 spesies telah ditemukan jauh lebih jauh ke selatan daripada batas distribusi biasanya. Hal ini dapat menunjukkan perubahan suhu air dan persediaan makanan, serta kekuatan arus.

"Beberapa di antaranya berada 2.500 kilometer lebih jauh ke selatan daripada yang pernah tercatat sebelumnya. Arus Australia Timur adalah mekanisme yang bagus untuk mengangkut organisme dalam tahap larva mereka. Salah satu hal yang diramalkan akan terjadi di bawah perubahan iklim adalah meningkatnya kekuatan dan frekuensi Arus Australia Timur," paparnya.

"Jadi itu berarti kami berpotensi memiliki sabuk konveyor spesies tropis yang akan lebih sering datang ke perairan pesisir kami," imbuh Smith.

Australia bukan satu-satunya tempat yang menggunakan siput laut untuk mempelajari lebih lanjut tentang perubahan iklim.

Spesies tertentu, Hopkins 'Rose nudibranch, mengubah garis pantai tengah dan utara California beberapa tahun lalu.

Para peneliti dari California Academy of Sciences, UCSB, UCSC, dan Bodega Marine Laboratory mulai melacak distribusi tinggi siput laut merah muda cerah ini pada Januari 2015.

siput laut
Siput Laut. (Wikimedia Commons/LASZLO ILYES)

Meskipun nudibranch Mawar Hopkins adalah pemandangan umum di California selatan, tidak biasa melihatnya dalam jumlah yang signifikan lebih jauh ke utara, karena suhu air biasanya terlalu dingin untuk menopang populasi yang besar.

Kehadiran spesies siput laut tertentu ini dianggap sebagai indikasi perubahan iklim yang besar, dan ledakan populasi yang tidak terduga dapat digunakan untuk mengukur perubahan di masa depan.

"Sementara kami sangat senang melihat mekar indah nudibranch yang biasanya langka ini, kami prihatin tentang konsekuensi jangka panjang dari perubahan lingkungan pesisir kami," kata Dr. Terry Gosliner, Kurator Akademi Zoologi dan Geologi Invertebrata pada saat itu.

"Kondisi iklim kami saat ini sangat bagus untuk beberapa siput favorit saya, tetapi kami tidak dapat mengabaikan bahwa lautan yang menghangat berarti lebih sedikit makanan untuk burung laut, dan dampak buruk bagi semua ekosistem laut. Kehidupan laut California yang unik tidak selalu dapat beradaptasi dengan begitu banyak ketidakstabilan," pungkasnya.