Bagikan:

JAKARTA - Rencana Microsoft Corp untuk mengakhiri dukungan terhadap sistem operasi Windows 10 dapat mengakibatkan sekitar 240 juta komputer pribadi (PC) dibuang. Ini berpotensi menambah limbah di tempat pembuangan sampah, demikian dikatakan oleh Canalys Research.

Limbah elektronik dari PC ini diperkirakan dapat mencapai berat 480 juta kilogram, setara dengan 320.000 mobil.

Meskipun banyak PC dapat tetap berfungsi selama bertahun-tahun setelah dukungan OS berakhir, Canalys memperingatkan bahwa permintaan untuk perangkat tanpa pembaruan keamanan bisa rendah.

Microsoft mengumumkan rencana untuk menyediakan pembaruan keamanan untuk perangkat Windows 10 hingga Oktober 2028 dengan biaya tahunan yang tidak diungkapkan.

Jika struktur harga untuk dukungan Windows 10 yang diperpanjang mencerminkan tren masa lalu, beralih ke PC yang lebih baru mungkin lebih cost-effective, meningkatkan jumlah PC lama yang menuju ke tempat pembuangan sampah, kata Canalys.

Microsoft bertujuan untuk menghentikan dukungan untuk Windows 10 pada Oktober 2025. Generasi berikutnya dari OS tersebut, yang diantisipasi akan membawa teknologi kecerdasan buatan yang canggih ke PC, berpotensi meningkatkan pasar PC yang lesu.

Microsoft tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai dampak lingkungan dari pembuangan perangkat yang tidak kompatibel dengan Windows 11.

Hard disk yang digunakan dalam komputer pribadi dan server penyimpanan data didaur ulang untuk mengumpulkan bahan-bahan yang dapat digunakan dalam motor kendaraan listrik dan bahkan pembangkit listrik terbarukan.

"Mengubah komputer yang sudah tidak digunakan menjadi magnet yang menggerakkan teknologi berkelanjutan seperti kendaraan listrik dan turbin angin akan membantu memenuhi permintaan global yang terus meningkat untuk listrik," kata Chief Commercial Officer Noveon Magnetics, Peter Afiuny.

Afiuny menambahkan bahwa hard disk sering kali dibuang sebelum mencapai batas umur fungsionalnya, menciptakan kelebihan limbah material magnetik tanah jarang.

Perusahaan daur ulang baterai, Redwood Materials, mengatakan bahwa baterai dapat didaur ulang hampir tanpa batas untuk mendapatkan kembali logam seperti lithium, kobalt, nikel, dan tembaga