Perbandingan Iklan Instagram dan Facebook: Berikut Uraiannya
Perbandingan Iklan Instagram dan Facebook (Gambar Christin Hume-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sempatkah kalian terjebak dilema menentukan platform mana yang paling efisien buat dijadikan media yang menunjukkan digital marketing kalian? Instagram Ads vs Facebook Ads, di antara kedua platform media sosial ini, mana yang lebih efisien buat dipasangkan iklan?

Jangan galau! Postingan ini bakal memberikan Kalian gambaran perbandingan antara Instagram Ads dengan Facebook Ads, yuk, simak!

Apa Itu Instagram Ads?

Bisa jadi saat ini Kalian sudah lumayan familiar dengan apa itu Instagram Ads. Lewat Instagram Ads, Kalian mempunyai peluang buat memasang iklan di media sosial Instagram, baik iklan berbentuk feeds ataupun stories.

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads merupakan suatu fitur yang ditawarkan oleh platform media sosial Facebook. Fitur ini membolehkan Kalian buat mempromosikan Fan Page yang Kalian buat untuk menjangkau pengguna sesuai dengan yang sudah Kalian atur sebelumnya.

Apa Kelebihan Facebook serta Instagram Ads?

Berbicara tentang Instagram vs Facebook, keduanya mempunyai kelebihan serta kekurangannya tertentu. Ayo, lihat saja apa yang jadi keunggulan Facebook serta Instagram saat sebelum memastikan platform mana yang mau dijadikan selaku media buat promosi Kalian.

Perbandingan Demografi

Salah satu aspek yang jadi dasar pertimbangan menentukan platform yang pas buat memasang iklan yaitu sasaran pasar yang bisa dijangkau oleh kedua aplikasi. Dikutip dari data Statista, Facebook masih menempati media sosial yang sangat banyak digunakan di dunia dengan jumlah pengguna menggapai 2.895 miliyar.

Disamping itu, pengguna Facebook lebih luas serta mencakup segala rentang umur serta jenis kelamin. Tidak jarang untuk owner brand besar menemukan setidaknya sebagian dari sasaran pasar mereka dalam media sosial Facebook.

Sebaliknya buat Instagram, pengguna Instagram lebih banyak didominasi oleh kalangan anak muda berjenis kelamin wanita dengan persentase sebanyak 51% dibanding dengan laki-laki.

Kalian bisa membuat pertimbangan sendiri, bila sasaran pasar Kalian secara umum mencakup pengguna dari seluruh rentang usia, hingga tentu saja, Facebook jadi opsi yang lebih pas. Kebalikannya, bila sasaran pasar Kalian dikhususkan buat anak-anak muda, maka Instagram bisa jadi bakal memberikan hasil yang lebih baik.

Perbandingan Engagement

Bila Facebook menjuarai statistik media sosial yang sangat banyak digunakan di dunia, maka Instagram mempunyai keunggulan dalam mendatangkan jumlah engagement yang besar. Dikutip dari informasi milik Orbelo, terdapat sekitar 80% pengguna Instagram yang mengikuti paling tidak 1 akun bisnis dengan 72% antara lain melaksanakan pembelian lewat iklan yang mereka amati di Instagram.

Terdapat paling tidak 95 juta media berbentuk gambar serta video yang dibagikan oleh pengguna di Instagram per harinya. Kenyataan ini membuat Instagram jadi media sosial dengan engagement paling tinggi di dunia. Menyusul dibawah Instagram yaitu Facebook.

Bila konten iklan yang Kalian buat ialah konten dengan persentase visual yang menjanjikan, Instagram bisa jadi opsi platform yang lebih pas buat menunjukkan iklan Kalian.

Dari kedua tipe perbandingan ini bisa disimpulkan kalau, jika tujuan Kalian dalam memasang iklan yakni buat mempromosikan produk Kalian ke lebih banyak pengguna dari seluruh range usia, maka Facebook bisa jadi opsi yang pas.

Kebalikannya, bila tujuan Kalian memasang iklan yaitu buat memperoleh engagement dari pengguna, maka Kalian bisa memperhitungkan Instagram selaku media buat menayangkan iklan Kalian.

Sehabis mengenali kelebihan dari kedua platform ini, rasanya sedikit kurang bila tidak mangulas apa yang kurang dari keduanya. Kekurangan Facebook serta Instagram Ads diantaranya:

Facebook kerap kali digunakan buat berkirim pesan dengan sahabat serta keluarga, sehingga penggunanya tidak sering berselancar. Kalian mesti bisa memikirkan konten yang sangat unik serta menarik supaya iklan Kalian bisa dilihat oleh pengguna Facebook.

Berbeda dengan Google AdWords yang mempunyai rasio klik tayangan sebesar 2% dalam tiap iklan yang tampak, Facebook mempunyai rasio yang lebih rendah.

Iklan dalam Facebook kerap kali timbul bertepatan dengan iklan lain yang mempunyai jenis berbeda.

Instagram mempunyai timeline yang berjalan dengan sangat cepat sehingga Kalian wajib mengosongkan waktu buat kerap melaksanakan pembaharuan.

Terdapatnya ancaman rawan spamming dalam kolom komentar akibat kemudahan dalam memakai Instagram buat berinteraksi.

Berapa Tarif Pasang Iklan di Instagram serta Facebook?

Aspek lain yang jadi bahan pertimbangan kala memilah antara Facebook Ad or Instagram Ad yaitu anggaran yang wajib dikeluarkan. Berita baiknya yaitu, baik di Facebook ataupun di Instagram, keduanya membagikan opsi kepada Kalian selaku pengguna jasa buat memastikan sendiri budget yang mau Kalian keluarkan dalam suatu iklan.

Facebook memastikan minimum budget sebesar 14.371 rupiah per harinya buat suatu kampanye. Sebaliknya Instagram mematok budget minimum sebesar 20.000 rupiah per harinya.

Perbandingan Iklan Instagram dan Facebook, Mana yang Paling Menghasilkan Cuan?

Sehabis melihat beberapa penjabaran pada poin sebelumnya, bisa jadi Kalian pula telah memperoleh gambaran mana yang lebih sesuai buat mempromosikan bisnis Kalian antara Facebook Instagram Ads.

Perbandingan sangat signifikan antara Facebook serta Instagram Ads terletak pada jumlah pengguna serta keahlian keduanya dalam memperoleh engagement. Dari segi pengguna, Facebook unggul dengan total 2.895 miliyar pengguna berbeda jauh dengan Instagram yang cuma mempunyai 1.393 miliyar pengguna.

Tetapi kebalikannya, dari segi engagement yang diterima, Instagram malah sanggup menciptakan engagement 4 kali lebih besar dibanding dengan Facebook. Dari informasi ini bisa dilihat kalau keduanya sama-sama mempunyai kelebihan serta kekurangannya tertentu. Kekurangan Facebook Ads dibanding dengan Instagram Ads terletak pada jumlah engagement yang mampu dihasilkan.

Buat menjawab platform mana yang lebih mendatangkan cuan, perihal ini dikembalikan lagi kepada tujuan dari goal yang mau kalian capai kala memutuskan buat memasang iklan. Tidak hanya goals, aspek lain yang memastikan keberhasilan iklan Kalian terletak pada konten yang digunakan buat memulai iklan.

Bila konten iklan Kalian lebih condong ke arah visualisasi yang apik serta menarik, maka Instagram bakal memberikan hasil yang lebih baik dibanding dengan Facebook. Kebalikannya, bila iklan yang Kalian buat memiliki lebih banyak tulisan dibanding dengan visualisasi, maka Facebook jadi wadah yang lebih tepat.

Selain itu ketahui alasan “Meta Hentikan Fitur NFT di Instagram dan Facebook”.

Jadi setelah mengetahui perbandingan iklan Instagram dan Facebook, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!