Para Selebritas Miliki Pengaruh Buruk pada Pengikutnya di Instagram, Ini Penjelasannya
Posting Kim Kardashian dan Justin Bieber dianggap miliki pengaruh buruk pada para pengikutnya. (foto: instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Bintang media sosial utama di dunia, termasuk Kim Kardashian, Justin Bieber dan Charli D'Amelio adalah deretan selebritas yang disebut telah membuat para pengikut Instagramnya mengalami perasaan lebih negatif tentang citra diri mereka. Hal ini terungkap menurut penelitian internal Facebook yang diungkapkan oleh Wall Street Journal pekan ini. Penelitian itu, mengajukan pertanyaan tentang dampak budaya selebritas online.

WSJ merilis sejumlah slide penelitian yang bocor pada Rabu, 29 September, yang menjadi dasar artikel yang diterbitkan awal bulan ini. Hasil penelitian itu menyebutkan bahwa Facebook tahu jika aplikasinya membahayakan kesehatan mental beberapa gadis remaja dan pengguna muda.

Penelitian yang berjudul "Perbandingan Sosial di Instagram," mensurvei 100.000 orang pada Maret dan April 2020 di sembilan negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, dan Brasil.

Berdasarkan data internal perusahaan, juru bicara Facebook, Kevin McAlister, mengatakan responden survei tidak diminta untuk menyebutkan akun tertentu, tetapi peneliti menemukan akun selebritas adalah "beberapa akun yang paling sering dilihat untuk orang-orang yang memberi tahu kami bahwa mereka mengalami tingkat perbandingan sosial negatif yang lebih tinggi atau lebih rendah di Instagram."

Dia mencatat temuan itu masuk akal karena selebritas yang terdaftar, masing-masing memiliki lebih dari 30 juta pengikut.

Peneliti Facebook tidak mempelajari apakah paparan pengguna ke akun selebritas tersebut menyebabkan perasaan negatif tentang diri mereka sendiri.

Menurut peneliti Facebook, penyanyi Ariana Grande dan model Kendall Jenner termasuk di antara selebritas yang pengikutnya merasakan perbandingan sosial yang lebih negatif.

Peneliti Facebook mencatat di slide deck bahwa perusahaan dapat bermitra dengan bintang-bintang di kampanye untuk mengurangi perbandingan negatif.

Di sisi lain, akun Instagram milik "The Ellen Show," yang dipandu oleh komedian Ellen DeGeneres, aktor Amerika Will Smith dan pemain sepak bola Brasil Neymar memiliki pengikut yang merasa "kurang negatif dibandingkan," menurut dek slide penelitian.

Temuan ini penting mengingat bahwa Instagram membantu merintis munculnya influencer media sosial dan melakukan upaya untuk merekrut selebritas ke aplikasi itu pada hari-hari awal peluncurannya.

Aktor Ashton Kutcher adalah salah satu bintang yang membantu Instagram mendapatkan kredibilitas dengan selebritas lain dan membantu memperkenalkan perusahaan ini kepada Grande, menurut sebuah anekdot yang dilaporkan dalam buku "No Filter: The Inside Story of Instagram."

Tim kemitraan perusahaan juga bekerja sama dengan selebritas, musisi, dan tokoh masyarakat lainnya untuk meningkatkan kehadiran mereka di Instagram, menurut bios LinkedIn beberapa karyawan.

Para peneliti Facebook menemukan bahwa melihat lebih banyak konten selebritas di feed Instagram dikaitkan dengan lebih banyak perbandingan negatif. Hampir setengah dari konten yang dilihat orang di Instagram berasal dari para selebritas, menurut penelitian tersebut.