Podcast Barack Obama, <i>Born The USA</i>  dan <i>The Michelle Obama Podcast</i> Kini Dikontrak Audible
Mantan Presiden AS, Barack Obama, tengah berkegiatan bersama keluarga. (foto: twitter @brarack_obama)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan media milik mantan Presiden AS, Barack Obama, Higher Ground telah menandatangani kontrak multi-tahun dengan Audible milik Amazon Inc untuk membuat konten audio asli. Ini dilakukan setelah mereka mengakhiri tiga tahun kerja sama serupa yang berjalan dengan Spotify.

Ketentuan perjanjian yang diumumkan pada Selasa, 21 Juni tidak diungkapkan ke publik. Namun kesepakatan itu memberi Audible hak untuk melihat terlebih dahulu materi baru sebelum orang lain di industri mendapatkan akses ke sana.

Higher Ground menandatangani kesepakatan podcast pertamanya dengan Spotify pada tahun 2019 dan kemudian membuat acara seperti "The Michelle Obama Podcast" dan "Born in the USA", serangkaian percakapan antara mantan Presiden AS Barack Obama dan musisi rock, Bruce Springsteen.

Tapi platform audio-streaming Swedia itu menolak untuk memperbarui kesepakatannya dengan Higher Ground, yang mendorong Obama untuk mencari mitra baru, seperti dilaporkan oleh Bloomberg News melaporkan pada April lalu.

Laporan itu mengatakan bahwa Higher Ground sedang dalam pembicaraan dengan distributor lain tentang kesepakatan senilai puluhan juta dolar. Kesepakatan ini menurut Reuters, adalah salah satu kontrak yang paling menguntungkan dalam bisnis podcasting saat ini.