Ingin Capai Nol Emisi, Amazon Berhasil Luncurkan 1.000 Van Pengiriman Listrik di AS
Van pengiriman listrik Amazon dari Rivian (foto: Amazon)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak diluncurkan pertama kali pada bulan Juli lalu, kendaraan listrik (EV) Amazon dari Rivian telah mengirimkan lebih dari 5 juta paket kepada pelanggan di AS. 

Sekarang, Amazon siap untuk musim liburan pertamanya dengan meluncurkan ratusan armada pengiriman listriknya di lebih dari selusin kota.

Adapun kota-kota yang dimaksud adalah mencakup Baltimore, Chicago, Dallas, Kansas City, Nashville, Phoenix, San Diego, Seattle, dan St. Louis. 

"Kami selalu bersemangat untuk musim liburan, tetapi melakukan pengiriman ke pelanggan di seluruh negeri dengan kendaraan nol-emisi baru kami untuk pertama kalinya membuat tahun ini unik,” kata Udit Madan, wakil presiden Transportasi Amazon dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di Twitter resmi Amazon. 

Lebih lanjut, Madan mengungkapkan bahwa pelanggan akan mulai melihat van pengiriman listrik Amazon di kota-kota baru, termasuk Austin, Boston, Denver, Houston, Indianapolis, Las Vegas, Madison, Newark, New York, Oakland, Pittsburgh, Portland, Provo, dan Salt Lake City. 

Amazon saat ini telah memperluas armadanya, dan sekarang memiliki lebih dari 1.000 kendaraan pengiriman listrik yang melakukan pengiriman di lebih dari 100 kota di seluruh AS. 

Ekspansi ini dilakukan saat Amazon dan Rivian melanjutkan kemajuan mereka untuk memiliki ribuan kendaraan listrik di jalan pada akhir tahun dan 100.000 kendaraan pada 2030. 

"Kami telah mengirimkan lebih dari 5 juta paket dengan kendaraan kami yang diproduksi oleh Rivian, dan ini masih permulaan angka itu akan tumbuh secara eksponensial saat kami terus membuat kemajuan menuju tujuan 100.000 kendaraan kami," ujarnya. 

Di sisi lain, Jiten Behl selaku chief growth officer di Rivian mengatakan bahwa elektrifikasi armada sangat penting untuk mencapai tujuan nol emisi dunia.

“Jadi, melihat peningkatan produksi kami yang mendukung peluncuran Amazon di kota-kota di seluruh negeri sungguh menakjubkan. Tidak hanya untuk lingkungan, tetapi juga untuk tim kami yang bekerja keras untuk menghadirkan puluhan ribu kendaraan pengiriman listrik di jalan," pungkasnya. 

Amazon berkomitmen untuk mencapai net-zero carbon pada tahun 2040 sebagai bagian dari komitmennya terhadap The Climate Pledge. 

Dengan komitmennya untuk memiliki 100.000 kendaraan pengiriman listrik di jalan pada tahun 2030, Amazon akan menghilangkan jutaan metrik ton karbon per tahun.