Anggota Kongres AS Desak Pemerintah Larang Penambangan Kripto, Boros Energi dan Tak Ramah Lingkungan
Elizabeth Warren dan anggota Kongres Partai Demokrat AS lainnya mengirim surat kepada dua regulator federal.. (foto: twitter@BostonDotCom)

Bagikan:

JAKARTA -Pada  Jumat, 15 Juli, Elizabeth Warren dan anggota Kongres Partai Demokrat AS lainnya mengirim surat kepada dua regulator federal. Mereka  mendesak agar regulator  untuk mengambil tindakan atas ledakan penambangan Bitcoin di AS.

Surat itu dikirim ke kepala Badan Perlindungan Lingkungan dan Departemen Energi. Isi  surat itu didorong oleh penyelidikan awal dari anggota parlemen, yang menemukan bahwa hanya segelintir cryptominers yang menggunakan sejumlah besar energi.

Sebagai tanggapan, anggota parlemen meminta agensi untuk mewajibkan perusahaan penambangan kripto berbagi data tentang penggunaan energi dan emisi mereka.

Menurut surat itu, tujuh dari perusahaan penambangan kripto terbesar di AS memiliki kapasitas kolektif untuk menggunakan lebih dari 1 gigawatt listrik. Itu setara dengan dua pabrik batu bara standar atau hampir cukup untuk memberi daya pada semua tempat tinggal di Houston.

Itu hanya puncak gunung es, karena tidak ada tindakan pemerintah federal untuk menangkap gambaran lengkap tentang dampak lingkungan dari ledakan baru-baru ini dalam penambangan kripto di AS.

Penambangan kripto telah meledak di AS selama setahun terakhir, sebagian didorong oleh tindakan keras China pada 2021 terhadap praktik tersebut. AS adalah pusat terbesar secara global untuk menambang Bitcoin.

Mereka  biasanya menjalankan pusat data sepanjang waktu untuk menambang mata uang. Pusat data ini dipenuhi dengan balap perangkat keras khusus untuk memecahkan persamaan kompleks untuk memverifikasi transaksi, yang menghasilkan Bitcoin sebagai imbalannya. Semua daya komputasi itu melahap sejumlah besar listrik, dan sebagai hasilnya menghasilkan polusi.

Pindah dari China ke AS kemungkinan telah membuat jaringan Bitcoin lebih kotor, dengan tenaga air yang melimpah di China digantikan oleh listrik yang berasal dari batu bara dan gas dari jaringan AS.

Semua ini membuat pembuat kebijakan khawatir tentang dampak penambangan kripto terhadap tujuan perubahan iklim negara, serta pada tagihan listrik. Bahkan praktik tersebut telah menaikkan harga listrik di New York.

Dalam contoh ekstrem, penduduk di Plattsburgh, NY melihat tagihan listrik mereka naik hingga  300 dolar AS pada musim dingin 2018 setelah penambang Bitcoin mendirikan toko di dekatnya.

Bulan lalu, Negara Bagian New York meloloskan undang-undang yang memberlakukan moratorium dua tahun atas izin baru untuk pembangkit listrik bahan bakar fosil yang digunakan untuk menambang mata uang padat energi.

RUU tersebut belum ditandatangani menjadi undang-undang, tetapi negara juga telah mengambil tindakan regulasi untuk mencegah pertambangan. Pada bulan Juni, New York juga menolak izin Stasiun Pembangkit Greenidge,  yang diperbarui untuk pembangkit listrik, dengan alasan bahwa penggunaannya untuk penambangan Bitcoin. Ini  tidak akan konsisten dengan batas emisi gas rumah kaca di seluruh negara bagian.

Greenidge adalah salah satu perusahaan yang dikirim Warren dan anggota parlemen Demokrat lainnya pada bulan Januari, menuntut informasi tentang penggunaan energi dan emisi mereka. Greenidge bertanggung jawab atas 273.326 ton emisi karbon dioksida selama setahun, setara dengan emisi knalpot dari hampir 60.000 mobil, menurut surat baru yang dirilis hari ini.

Namun, dampak penambangan kripto di AS jauh lebih besar daripada yang dirinci dalam surat itu. “Tidak ada perusahaan yang memberikan informasi lengkap dan lengkap dalam menanggapi pertanyaan kami,” tulis anggota parlemen, sepertyi dikutip The Verge.

Ada petunjuk lain tentang berapa banyak perusahaan pertambangan kripto yang benar-benar melahap energi di seluruh negeri. Di Texas, titik panas lain untuk penambangan Bitcoin di AS, industri penambangan kripto secara kolektif membebaskan sekitar 1 gigawatt energi setelah dimatikan sementara minggu ini.

Perusahaan-perusahaan tersebut menggenjot operasinya sebagai tanggapan atas seruan dari operator jaringan negara bagian untuk menghemat energi karena gelombang panas yang membakar mengancam akan membanjiri jaringan.

Rasa lapar akan energi itu tumbuh dengan cepat. “Ada lebih dari 27 gigawatt beban crypto yang sedang bekerja untuk interkoneksi selama empat tahun ke depan,” kata juru bicara Dewan Keandalan Listrik Texas (ERCOT) kepada The Verge dalam email minggu ini.

Itu adalah beban yang sangat besar untuk ditambahkan ke jaringan dalam jangka waktu yang singkat, kata para ahli kepada The Verge.

“Hasil penyelidikan kami, yang mengumpulkan data dari hanya tujuh perusahaan, sangat mengganggu, dengan data terbatas ini saja yang mengungkapkan bahwa cryptominers adalah pengguna energi besar yang menyumbang jumlah emisi karbon yang signifikan  dan berkembang pesat,” ungkap surat kepada EPA dan Departemen Energi itu.

Surat itu ditandatangani oleh Senator Elizabeth Warren (D-MA), Sheldon Whitehouse (D-RI), Jeff Merkley (D-OR), dan Ed Markey (D-MA), dan Perwakilan Rashida Tlaib (D-MI), dan Jared Huffman (D-CA).