NASA Kembali Jalin Kontak dengan CAPSTONE, Pesawat Penguji Orbit Baru Jalur ke Bulan
CAPSTONE kembali terhubung dengan stasiun pengendali NASA. (foto: twitter @anasa)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Rabu pagi, 6 Juli NASA mengumumkan bahwa tim mereka telah kembali menjalin kontak dengan CAPTONE. NASA sempat mengalami kesulitan membangun kontak dengan pesawat ruang angkasa CAPSTONE baru, sebuah probe kecil yang baru saja diluncurkan dari Bumi untuk menguji orbit baru di sekitar Bulan.

Lantaran masalah komunikasi ini, NASA harus menunda rencana manuver kendaraan yang akan membantu memperbaiki jalurnya ke luar angkasa. NASA juga masih berusaha untuk membangun kembali kontak.

CAPSTONE adalah misi pertama dari program Artemis milik NASA, yang menjadi upaya badan tersebut untuk mengirim manusia kembali ke Bulan. Sebagai bagian dari program ini, NASA berencana membangun stasiun luar angkasa baru di orbit Bulan.

Namun orbit yang ingin digunakan NASA kali ini adalah orbit yang unik. Orbit ini itu adalah jalur yang sangat memanjang yang belum pernah benar-benar digunakan oleh pesawat ruang angkasa sebelumnya.

CAPSTONE dimaksudkan untuk menjadi misi pencari jalan, saat pesawat ruang angkasa memasukkan dirinya ke dalam orbit itu dan memberi NASA beberapa pengalaman operasional sebelum badan tersebut mulai membangun stasiun barunya.

Satelit yang hanya seukuran oven microwave, CAPSTONE diluncurkan dari Selandia Baru pada 28 Juni di atas roket Electron kecil yang dioperasikan oleh perusahaan kedirgantaraan Rocket Lab. Untuk memberi CAPSTONE dorongan ekstra ke Bulan, Rocket Lab menggunakan booster khusus yang disebut Foton, yang tetap melekat pada satelit setelah peluncuran awal dan secara berkala menaikkan orbit satelit.

CAPSTONE akhirnya terlepas dari Photon pada 4 Juli, dan dalam 11 jam pertama setelah pemisahan, tampaknya berfungsi dengan baik, menurut Advanced Space, yang memproduksi dan mengoperasikan pesawat ruang angkasa. CAPSTONE mengerahkan panel suryanya dan mulai mengisi daya baterai onboardnya.

Tim misi dapat mengarahkan CAPSTONE ke Bumi dan menjalin komunikasi dengan salah satu piringan di Deep Space Network NASA, serangkaian teleskop berbasis darat di seluruh dunia yang digunakan agensi untuk berkomunikasi dengan pesawat ruang angkasa yang menuju ke luar angkasa.

CAPSTONE dapat menghubungi salah satu teleskop di Madrid, Spanyol, yang memungkinkan tim untuk mulai memeriksa satelit dan menyiapkan kendaraan untuk manuver yang akan datang untuk mengubah jalurnya, yang direncanakan pada 5 Juli.

Namun, menurut NASA, pesawat ruang angkasa itu mulai mengalami masalah komunikasi ketika bersentuhan dengan teleskop lain di Deep Space Network – yang ini di Goldstone, California. Advanced Space menyebut sumber masalah ini pada "anomali" di subsistem komunikasi.

Akibatnya, manuver 5 Juli telah ditunda sementara tim berusaha untuk membangun kembali kontak dengan pesawat ruang angkasa tersebut. Manuver ini dimaksudkan untuk menjadi yang pertama dalam serangkaian rencana penyesuaian serupa yang akan dilakukan CAPSTONE dalam perjalanannya ke Bulan.

Pada akhirnya, Advanced Space mengatakan bahwa CAPSTONE dapat menangani penundaan tersebut. Pesawat ruang angkasa akhirnya mengambil rute yang sangat panjang untuk sampai ke Bulan, yang akan memakan waktu sekitar empat bulan untuk diselesaikan.

Ini adalah rute yang sangat hemat bahan bakar tetapi juga memakan waktu. Advanced Space mengatakan rute tersebut juga memberi tim waktu untuk memahami masalah dan mencari solusi sebelum melanjutkan manuver.

Pada saat CAPSTONE melakukan kontak, tim misi dapat menentukan posisi dan kecepatan pesawat ruang angkasa di ruang angkasa. Saat ini, CAPSTONE berjarak sekitar 177.000 mil (285.000 kilometer) dari Bumi.

Para Insinyur NASA juga dapat menstabilkan pesawat ruang angkasa, dan mereka telah melakukan semua yang mereka bisa untuk memperbaiki masalah komunikasi. “Tim misi CASTONE telah bekerja sepanjang waktu dan sepanjang liburan akhir pekan untuk mendukung misi penting ini,” tulis Advanced Space dalam Pembaruannya, yang dikutip The Verge.

Sekarang, CAPTONE sedang menunggu sendirian di luar angkasa saat tim-tim tersebut mati-matian mencoba untuk membangun kembali kontak. NASA mengatakan akan memberikan pembaruan ketika tersedia.