Simak Tiga Fitur di Google Drive ini yang Mungkin Belum Banyak Diketahui
Tiga fitur Google Drive yang tersembunyi (foto:Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google Drive menjadi alat penyimpanan yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna smartphone memindahkan file foto, video, dan lain sebagainya jika memori di ponsel sudah penuh. 

Setiap aplikasi pasti memiliki fiturnya sendiri. Ada fitur yang sering digunakan, ada juga fitur tersembunyi yang tidak banyak diketahui orang-orang.  Berikut ini adalah fitur yang ada di dalam Google Drive, yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya, melansir dari DigitalTrends. 

Lihat Lokasi File

Di Google Drive, Anda dapat melihat lokasi file yang tepat. Ini berguna untuk membuka file yang benar ketika beberapa file memiliki nama yang mirip. Selain itu, ini akan mempermudah Anda untuk melompat langsung ke folder yang menyimpan file. Fitur ini hadir pada Juni 2022 untuk semua pengguna Google Drive. Dari hasil pantauan VOI, fitur ini sudah tersedia di semua pengguna jika Anda membuka Google Drive melalui web PC atau laptop Anda dapat melihat lokasi file di Recent, Starred, Trash, dan Search.

Telusuri Konten Google Meet

Jika Anda menggunakan Google Meet untuk panggilan video atau rapat dengan tim, Anda dapat membuka Google Drive untuk item yang terkait dengan rapat tersebut seperti rekaman saat rapat. Dari pada menelusuri folder dan file satu persatu, Anda dapat menemukan semua konten Google Meet di Drive menggunakan penelusuran sederhana.

Buka bidang Pencarian di bagian atas Google Drive dan ketik: app: "Google Meet". Tekan Enter atau Return dan Anda akan melihat semua hasil pencarian Google Meet Anda. Ini memberi Anda akses cepat ke hal-hal seperti rekaman, transkrip, laporan, dan catatan.

Potong, Salin, Dan Tempel File Dengan Pintasan

Satu lagi fitur Google Drive yang agak tersembunyi ini patut Anda coba, karena fitur ini memungkinkan Anda memindahkan file dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain atau membuat salinannya di folder bersama. 

Anda cukup memilih file yang ingin Anda cut atau copy, kemudian tekan Ctrl + X (cut) atau Ctrl + C (copy) untuk di Windows. Atau tekan Command + X (cut) dan Command + C (copy) untuk di Mac. Anda akan melihat pesan singkat di kiri bawah jendela jika Anda sudah berhasil memotong atau menyalin file.