Bagikan:

JAKARTA – Google Drive merupakan layanan penyimpanan berbasis cloud untuk mencadangkan berbagai jenis dokumen seperti Word, PDF, gambar, dan lainnya. Sekarang, Drive lebih dari sekadar tempat penyimpanan.

Platform ini menjadi lebih menarik setelah Google meluncurkan fitur baru untuk membuat transkripsi otomatis. Fitur ini akan mempermudah kreator konten yang ingin menambahkan subtitle atau teks berisi transkripsi dari dialog suatu video.

"Teks yang dibuat secara otomatis memudahkan organisasi Anda untuk membuat teks lebih banyak pada video, sehingga meningkatkan aksesibilitasnya," kata Google melalui halaman bantuan Drive.

Dalam menghasilkan transkrip otomatis, Google menggunakan teknologi pengenalan ucapan untuk menyalin audio. Teknologi ini akan membuat transkrip dengan cepat setelah pengguna mengunggah video di Google Drive dan meminta teks otomatis.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna bisa mengeklik kanan pada video yang diputar di Drive, pilih Kelola Trek Teks, lalu pilih Buat Teks Otomatis. Pengguna juga bisa mengeklik ikon titik tiga di kanan atas, lalu pilih menu dan opsi yang sama.

Pembuat transkrip otomatis ini tersedia untuk akun Google pribadi. Meski bisa mempercepat proses pembuatan transkrip, prosesnya tidak secepat yang dibayangkan. Menurut uji coba Android Police, video berdurasi 6 menit memerlukan waktu sekitar 10 menit.

Setelah proses transkripnya selesai, pengguna bisa mengeklik ikon CC untuk menampilkan subtitle. Untuk saat ini, video yang bisa ditranskripsi hanya bahasa Inggris. Google berencana menambahkan bahasa lain di masa depan.