Elon Musk Dituduh Jalankan Skema Piramida Dogecoin, Investor Gugat Rp3820 Triliun, Lebih Besar dari Kekayaan Konglomerat Dunia Itu
Elon Musk digugat investor Dogecoin. (foto: twitter @elonmUsk)

Bagikan:

JAKARTA – CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, digugat sebesar  258 miliar dolar AS (Rp 3820 triliun) pada Kamis, 16 Juni oleh investor Dogecoin. Penggugat ini yang menuduhnya telah menjalankan skema piramida untuk mendukung cryptocurrency. Gugatan kerugian itu melebihi harta kekayaan orang terkaya di dunia itu sebesar Rp3100 triliun.

Dalam pengaduan yang diajukan di pengadilan federal di Manhattan, penggugat Keith Johnson menuduh Musk, perusahaan mobil listrik Tesla Inc dan perusahaan  luar angkasa SpaceX melakukan pemerasan karena menggembar-gemborkan Dogecoin dan menaikkan harganya, hanya untuk kemudian membiarkan harganya jatuh.

"Terdakwa menyadari sejak 2019 bahwa Dogecoin belum memiliki nilai yang kemudian mempromosikan Dogecoin untuk mendapat untung dari perdagangannya," kata Johnson dalam tuduhannya, seperti dikutip Reuters. "Musk menggunakan alasnya sebagai orang Terkaya di Dunia untuk mengoperasikan dan memanipulasi Skema Piramida Dogecoin untuk keuntungan, eksposur, dan hiburan."

Keluhan tersebut juga mengumpulkan komentar dari Warren Buffett, Bill Gates, dan lainnya yang mempertanyakan nilai mata uang kripto.

Pihak Tesla, SpaceX, dan pengacara Musk sendiri tidak segera menanggapi permintaan komentar atas tuduhan itu.

Seorang pengacara untuk Johnson juga tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang bukti spesifik apa yang dimiliki atau diharapkan kliennya yang bisa membuktikan bahwa Dogecoin tidak berharga dan para terdakwa, seperti Musk telah menjalankan skema piramida.

Johnson sendiri meminta ganti rugi sebesar  86 miliar dolar AS (Rp 1273 triliun), yang mewakili penurunan nilai pasar Dogecoin sejak Mei 2021, dan menginginkannya kembali tiga kali lipat.

Dia juga ingin memblokir Musk dan perusahaannya dari usaha mempromosikan Dogecoin dan meminta hakim untuk menyatakan bahwa perdagangan Dogecoin adalah perjudian di bawah undang-undang federal dan New York.

Tuduhan tersebut mengatakan aksi jual Dogecoin dimulai sekitar waktu Musk menjadi tuan rumah acara NBC "Saturday Night Live dan, memainkan ahli keuangan fiktif pada segmen, "Pembaruan Akhir Pekan", yang disebut Dogecoin "keramaian."

Tesla pada Februari 2021 mengatakan telah membeli 1,5 miliar dolar AS bitcoin dan untuk waktu yang singkat menerimanya sebagai pembayaran untuk kendaraan.

Dogecoin sendiri diperdagangkan sekitar 5,8 sen dolar AS pada  Kamis, 16 Juni, turun jauh dari puncaknya pada Mei 2021 yang bernilai sekitar 74 sen.