Bos Virgin Galactic Richard Branson Ingin Berantas Para <i>Scammer</i> dari <i>Cryptocurrency</i>
Miliarder Richard Branson. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Miliarder sekaligus pendiri perusahaan penerbangan roket Virgin Galactic, Richard Branson mengumumkan akan melakukan berbagai cara untuk mencegah para penipu kripto (scammer) beraksi. Pasalnya para scammer menggunakan nama Branson untuk menjerat para investor dan trader kripto.

Para scammer memanfaatkan namanya karena mengetahui Branson mendukung cryptocurrency. Mereka juga membuat sejumlah artikel palsu yang menggiring pemikiran orang-orang seolah Branson mempromosikan investasi bodong. Artikel yang mereka tulis mendesak para investor untuk mengalokasikan dana mereka.

Mengetahui namanya dimanfaatkan para penipu, Branson bersumpah akan mengerahkan kemampuannya untuk menghentikan aksi jahat tersebut. Menurutnya, kejahatan tersebut bisa membawa malapetaka karena telah menjerat para investor kripto dari kelas menengah ke bawah.  

“Ini adalah hal yang mengerikan karena mempengaruhi orang kecil yang tidak mampu membelinya. Kami melakukan berbagai cara untuk menghentikannya (penipuan tersebut),” ujar Branson.

Bos Virgin Galactic itu tidak main-main dalam memberantas para scammer. Dia telah mengangkat COO Meta, Sheryl Sandberg untuk mengatasi masalah penipuan tersebut. Branson juga menunjuk sejumlah pengacara untuk memeriksa platform media sosial lain tempat para penipu melancarkan aksinya.

Richard Branson bukan satu-satunya yang menjadi sasaran penipuan kripto. Para scammer sempat menggunakan nama Elon Musk untuk melancarkan aksinya. Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, sempat menjadi korban atas aksi mereka. Wozniak kemudian menyeret aksi penipuan yang mengatasnamakan dirinya ke ranah hukum, namun hakim memutuskan argumen Wozniak tidak cukup untuk memenangkan kasus tersebut.

Branson sendiri pernah menyatakan bahwa dirinya hanya akan menginvestasikan “sedikit uang ke Bitcoin.” Hingga saaat ini market kripto sedang mengalami penurunan harga. Dua kripto teratas, Bitcoin dan Ethereum harus anjlok 26 persen dan 32,8 persen dalam satu pekan terakhir menurut datai Coingecko.