Kebijakan Baru Apple Memungkinkan Anda Terima Pemberitahuan Kenaikan Harga Langganan App Store
Apple akan memberikan update ke pemberitahuan langganan (foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Senin, 16 Mei, Apple mengumumkan bahwa aturan Apps Store terbaru memungkinkan Anda memperpanjang langganan secara otomatis, bahkan ketika harganya naik. 

"Langganan yang dapat diperpanjang secara otomatis adalah cara yang bagus untuk memungkinkan orang mengakses konten, layanan, atau fitur premium di aplikasi Anda," tulis Developer dalam blognya. 

Namun sebelumnya, pengguna harus memilih untuk memperpanjang langganan mereka jika ada kenaikan harga baru.

Tidak perlu khawatir, karena Apple akan mengirimkan email terlebih dahulu, sehingga Anda mudah untuk memilih mengaktifkan, membatalkan, atau mengelola paket langganan Anda. 

Pelanggan yang ikut serta dalam langganan kenaikan harga ini, langsung dapat memperpanjang layanannya secara otomatis dan mengikuti kenaikan harga yang ada. 

"Langganan tidak diperpanjang pada periode penagihan berikutnya untuk pelanggan yang tidak ikut serta ke harga baru," sambungnya. 

Selain itu, ketentuan khusus untuk fitur ini adalah kenaikan harga tidak terjadi lebih dari sekali per tahun, tidak melebihi 5 dolar AS (Rp70 ribu) dan 50 persen dari harga langganan. 

Itu bisa naik sebesar 50 dolar AS (Rp700 ribu) dan 50 persen untuk harga langganan tahunan, dan diperbolehkan oleh hukum setempat. 

Dalam situasi ini, Apple selalu memberitahu pengguna tentang peningkatan sebelumnya, termasuk melalui email, pemberitahuan push, dan pesan di dalam aplikasi. Apple juga akan memberitahu pengguna tentang cara melihat, mengelola, dan membatalkan langganan jika diinginkan.