Apple Umumkan Fitur Baru Sebagai Alat Bantu Bagi Penyandang Disabilitas
Apple membawa berbagai fitur anyar untuk perangkat lunak pada iPhone, iPad, Mac, dan Apple Watch. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini sepertinya akan menjadi tahun terbesar Apple dengan membawa berbagai fitur anyar untuk perangkat lunak pada iPhone, iPad, Mac, dan Apple Watch.

Pertama, Apple dikabarkan akan menguji fitur Live Caption yang dapat menyalin konten audio apa pun, seperti panggilan FaceTime, aplikasi konferensi video (dengan atribusi otomatis untuk mengidentifikasi pembicara), streaming video, atau percakapan langsung dalam bahasa Inggris di perangkatnya

Mirip dengan fitur Live Caption yang dimiliki Google, Apple mengatakan teksnya akan dibuat di perangkat pengguna untuk menjaga kerahasiaan informasi. Versi beta akan diluncurkan akhir tahun ini lebih dahulu di Amerika Serikat (AS) dan Kanada untuk iPhone 11 dan lebih baru, iPad dengan CPU Bionic A12 dan yang lebih baru, dan Mac dengan CPU Silikon Apple.

Sementara itu, Apple juga akan memperluas kontrol pada perangkat Watch-nya, dimana pengenalan gerakan Assistive Touch akan terintegrasi dengan Quick Actions yang dapat mengenali cubitan ganda untuk mengakhiri panggilan, mengabaikan pemberitahuan, mengambil gambar, menjeda atau memutar media, dan memulai latihan.

Lebih lanjut, Apple Watch juga semakin mudah digunakan untuk penyandang disabilitas fisik dan motorik dengan fitur mirroring baru yang akan menambahkan remote control dari iPhone yang dipasangkan.

Apple Watch Mirroring menyertakan teknologi yang ditarik dari AirPlay, membuatnya lebih mudah untuk mengakses fitur Watch tanpa bergantung pada kemampuan pengguna untuk mengetuk layar kecilnya atau yang dapat diaktifkan oleh kontrol suara.

Melansir laman resmi perusahaan, Rabu, 18 Mei, Apple juga meluncurkan Sound Recognition dengan iOS 14 untuk menangkap suara tertentu seperti alarm asap atau air mengalir dan memperingatkan pengguna yang mungkin tuli atau sulit mendengar, dan fitur ini juga bisa disesuaikan.

Selain itu, adapula penyempurnaan baru pada aplikasi pembaca layar VoiceOver, Speak Selection, dan fitur Speak Screen juga hadir dengan menambahkan dukungan untuk 20 bahasa lokal dan baru.

Bahasa itu meliputi Arab (Dunia), Basque, Bengali (India), Bhojpuri (India), Bulgaria, Catalan, Kroasia, Farsi, Prancis (Belgia), Galicia, Kannada, Melayu, Mandarin (Liaoning, Shaanxi, Sichuan), Marathi, Shanghai (Cina), Spanyol (Chili), Slovenia, Tamil, Telugu, Ukraina, Valencia, dan Vietnam.

Fitur baru lainnya adalah Buddy Controller, yang menggabungkan dua pengontrol gim menjadi satu sehingga teman dapat membantu seseorang memainkan gim mereka, mirip dengan fitur Copilot di Xbox.

Berbagai macam fitur ini diumumkan tepat menjelang Hari Kesadaran Aksesbilitas Global pada 19 Mei besok, dan diklaim akan segera meluncur ke perangkat Apple paling lambat akhir tahun ini.