Layanan Apple Music Live Debut Konser dengan Tampilkan Harry Styles
Apple Music, gelar streaming konser Harry Style. (foto: dok.Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi Apple mulai menyiarkan langsung konser dari artis besar minggu ini, sebagai peningkatan baru pada layanan Music-nya. Dimulai dari konser Harry Styles, pelanggan di 167 negara dapat menonton live music tersebut tanpa biaya tambahan pada 20 Mei.

"Apple Music Live adalah cara memberikan kesempatan bintang terbesar dalam musik platform untuk memamerkan bagaimana mereka terhubung dengan audiens dan bagaimana lagu mereka diterjemahkan ke pertunjukan langsung," ungkap Apple.

Konser Styles akan berlangsung di UBS Arena di Long Island, New York, Amerika Serikat (AS), yang berjudul "One Night Only in New York," akan tersedia untuk streaming pada pukul 9 malam ET pada Jumat mendatang.

Konser ini sekaligus menyambut rilis album ketiga Styles, Harry's House yang keluar di hari yang sama. Tak hanya sekadar konser, aacara tersebut juga mencakup wawancara dengan Styles tentang pembuatan album, tautan bagi pengguna untuk menambahkan Harry's House ke perpustakaan mereka, dan banyak daftar putar yang berfokus pada sang artis.

Melansir Engadget, Rabu, 18 Mei, sepertinya ini cara cerdas bagi artis untuk mempromosikan lagu maupun album baru mereka dan memberi gambaran kepada orang-orang tentang seperti apa konser langsung mereka, mungkin untuk menjual lebih banyak tiket.

Tentu saja hal tersebut juga akan membantu Apple Music untuk membujuk penggemar artis mendaftar ke layanan itu.

Ide konser siaran langsung ini tak hanya dimiliki Apple, lebih dahulu ada YouTube yang juga telah menyiarkan pertunjukan dari Coachella selama beberapa tahun terakhir.

Begitupun dengan Hulu, yang baru saja menandatangani kesepakatan untuk streaming festival musik Lollapalooza, Bonnaroo, dan Austin City Limits tahun ini dan tahun depan.

Apple memiliki beberapa pengalaman dalam konser streaming langsung juga. Pada 2007, perusahaan mulai menjalankan Festival iTunes (kemudian dikenal sebagai Apple Music Festival) di Inggris sebelum memperluasnya ke AS pada 2014. Tetapi, Apple kemudian mengumumkan pada 2017 bahwa festival tersebut telah berakhir.